Ketika Candi Arjuna Dieng Diselimuti Embun Beku, Minggu Pagi Capai Minus 1 Derajat

Senin, 15 Juli 2024 – 00:00 WIB
Ketika Candi Arjuna Dieng Diselimuti Embun Beku, Minggu Pagi Capai Minus 1 Derajat - JPNN.com Jateng
Wisatawan "berburu" embun beku yang muncul di sekitar kompleks Candi Arjuna, Kawasan Dataran Tinggi Dieng, Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu (14/7/2024) pagi. ANTARA/HO-UPTD Wisata Dieng

jateng.jpnn.com, BANJARNEGARA - Sekitaran kompleks Candi Arjuna, Kawasan Datarang Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah diselimuti embun beku (embun es) atau yang dikenal dengan embun upas dalam tiga hari terakhir.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelola Objek Wisata Dieng Sri Utami di Banjarnegara mengatakan tiga hari ini kembali beku setelah tiga minggu kemarin ada hujan.

"Berdasarkan hasil pengecekan, suhu udara di sekitar kompleks Candi Arjuna pada hari Minggu (14/7), pukul 05.30 WIB, tercatat mencapai minus satu derajat Celcius," ujarnya.

Bahkan, kata dia, wilayah di sekitar kompleks Candi Arjuna yang diselimuti embun beku pada Minggu pagi lebih luas jika dibandingkan dengan dua hari sebelumnya.

"Kalau ketebalan (embun beku) tergantung pada posisinya, tidak merata," katanya menjelaskan.

Dia mengakui saat sekarang banyak wisatawan yang berkunjung ke Dieng karena secara kebetulan sedang masa liburan sekolah dan sebagian wisatawan yang mengetahui adanya fenomena embun beku memilih untuk menginap di sejumlah penginapan.

Menurut dia, wisatawan-wisatawan yang menginap itu pun berburu embun beku di sekitar kompleks Candi Arjuna pada Minggu (14/7) pagi.

"Dari pantauan kami, tadi pagi ada lebih dari 100 wisatawan yang berburu embun es," katanya.

Kompleks Candi Arjuna Dieng diselimuti embun beku (embun es) atau yang dikenal dengan embun upas dalam tiga hari terakhir.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News