Bawaslu Demak Berharap 747 PPS Pegang Erat Integritas dan Siap Mental

Selasa, 24 Januari 2023 – 15:34 WIB
Bawaslu Demak Berharap 747 PPS Pegang Erat Integritas dan Siap Mental - JPNN.com Jateng
Ketua Bawaslu Demak Khoirul Saleh saat ditemuai sesuia acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah 747 Anggota PPS se-Kabupaten Demak yang diselenggarakan di Alun-alun Demak, Selasa (24/1). Foto: Dokumentasi untuk JPNN

jateng.jpnn.com, DEMAK - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Demak, Jawa Tengah, berharap 747 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kabupaten tersebut memiliki integritas yang tinggi dan siap mental menghadapi Pemilu Serentak 2024.

“PPS harus siap menjaga integritas,” kata Ketua Bawaslu Demak Khoirul Saleh seusai menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah 747 anggota PPS se-Kabupaten Demak yang diselenggarakan di alun-alun setempat, Selasa (24/1).

Menurutnya, kesiapan penyelenggaraan Pemilu 2024 tidak boleh hanya berhenti pada ranah teknis, tetapi juga kesiapan mental yang harus diperhatikan.

"Imbauan ini akan terus disuarakan sebagai antisipasi terjadinya pelanggaran atau pun sengketa proses Pemilu 2024 nanti," ujarnya.

Khoirul menyebut dalam proses perekrutan PPS, pihaknya menemukan anggota partai politik yang luput dari seleksi administrasi pendaftaran.

Dia menyampaikan meskipun temuan ini sudah ditindaklanjuti KPU Demak, bukan berarti tidak ada kemungkinan temuan serupa.

Khoirul juga menyampaikan bahwa Bawaslu telah memetakkan titik-titik rawan dalam setiap tahapan pemilu.

"Hasil dari pemetaan itu ditindaklanjuti dengan berbagai pencegahan, baik melalui koordinasi, sosialisasi mauapun imbauan," tuturnya.

Ketua Bawaslu Demak mengharapkan 747 anggota PPS di kabupaten tersebut memiliki integritas yang kuat dan siap mental.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News