Rabu Pagi Gempa Guncang Dataran Tinggi Dieng, Begini Penjelasan BMKG

Rabu, 01 Februari 2023 – 13:15 WIB
Rabu Pagi Gempa Guncang Dataran Tinggi Dieng, Begini Penjelasan BMKG - JPNN.com Jateng
Papan peringatan dipasang di sekitar Kawah Sileri di Dataran Tinggi Dieng di wilayah Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah, Rabu (18/1/2023). (ANTARA FOTO/Anis Efizudin/foc)

jateng.jpnn.com, BANJARNEGARA - Gempa bumi tektonik kembali mengguncang Dataran Tinggi Dieng, yang berada di wilayah Kabupaten Banjarnegara, Wonosobo, dan Batang di Provinsi Jawa Tengah, Rabu (1/2) pagi.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Banjarnegara Hery Susanto Wibowo mengatakan gempa dengan magnitudo 1,8 terjadi pada pukul 06.06 WIB.

Pusat gempa terpantau di koordinat 7,23 Lintang Selatan dan 109,89 Bujur Timur, sekira 15 kilometer barat laut Wonosobo.

"Gempa pusatnya berada di darat pada kedalaman 10 kilometer itu getarannya dirasakan pada skala II MMI di Dieng," jelas Hery.

Getaran pada skala II MMI dirasakan oleh beberapa orang dan menyebabkan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hery menyampaikan bahwa sejak 9 Januari 2023 hingga Rabu (1/2) pagi kawasan Dieng menghadapi 16 kejadian gempa, yang paling besar gempa bermagnitudo 3,4 pada Sabtu (14/1) pukul 03.46 WIB.

Gempa-gempa tersebut, lanjut Hery, pusatnya berada di sekitar kawasan Dieng, yang diduga memiliki beberapa sesar aktif yang belum teridentifikasi.

"Namun, memang keaktifannya ditandai dengan adanya gempa-gempa yang terdeteksi oleh peralatan kami," katanya.

Gempa bumi tektonik kembali terjadi di Dataran Tinggi Dieng, yang berada di Kabupaten Banjarnegara, Wonosobo, dan Batang di Provinsi Jawa Tengah
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News