Selasa Siang, Kawasan Dieng Diguncang Gempa Tiga Kali

Rabu, 18 Januari 2023 – 06:10 WIB
Selasa Siang, Kawasan Dieng Diguncang Gempa Tiga Kali - JPNN.com Jateng
Kondisi Kawah Sileri di Kabupaten Banjarnegaa, Jateng, Selasa (17/1/2023) pagi yang terpantau melalui kamera CCTV Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Dieng. FOTO ANTARA/HO-Pos PGA Dieng

jateng.jpnn.com, BANJARNEGARA - Gempa tektonik mengguncang Dataran Tinggi Dieng di Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah, sebanyak tiga kali pada Selasa (17/1) siang.

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara Hery Susanto Wibowo mengatakan bahwa gempa pertama dengan magnitudo 1,9 terjadi pukul 13.54 WIB.

Dia menyampaikan gempa itu pusatnya berada pada kedalaman 10 km di koordinat 7,14 Lintang Selatan dan 109,74 Bujur Timur, sekira 21 kilometer arah tenggara Kabupaten Pekalongan.

Gempa dengan magnitudo 1,9 tersebut, menurut dia, diikuti dengan gempa kedua dan ketiga dengan magnitudo 2,2 dan 2,3.

"Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa tersebut merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal," kata Hery, Selasa (17/1).

Menurut dia, getaran akibat gempa tersebut dirasakan di daerah Batur, Dieng, dan Wonosobo pada skala II-III MMI.

Getaran pada skala II MMI dirasakan oleh beberapa orang dan menyebabkan benda ringan yang digantung bergoyang. Pada skala III MMI, getaran dirasakan nyata di dalam rumah dan terasa seperti ada truk berlalu.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," kata Hery.

Dataran Tinggi Dieng di Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah, tiga kali mengalami gempa tektonik pada Selasa siang.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News