Gempa Bantul Mengakibatkan 111 Rumah di Wonogiri Rusak

Sabtu, 01 Juli 2023 – 14:25 WIB
Gempa Bantul Mengakibatkan 111 Rumah di Wonogiri Rusak - JPNN.com Jateng
Seorang petugas mengecek kerusakan dan membersihkan runtuhan atap gedung yang ambrol di SMK Pariwisata Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Jateng, akibat dampak gempa di Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Sabtu (1/7/2023). FOTO ANTARA/Bambang Dwi Marwoto.

jateng.jpnn.com, WONOGIRI - Gempa bumi magnitudo 6,4 yang mengguncang barat daya Bantul Yogyakarta, Jumat (30/6), mengakibatkan sejumlah rumah dan bangunan lainnya di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, mengalami kerusakan.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Wonogiri Trias Budiono mengatakan akibat bencana gempa bumi tersebut dari data sementara laporan tercatat sekitar 111 rumah dan tiga gedung sekolah serta satu masjid di Wonogiri mengalami kerusakan.

"Kami jika melihat data sementara laporan kerusakan apakah Wonogiri mengalami situasi terparah dibandingkan wilayah Jateng lainnya, usai gempa kami belum bisa memastikan," katanya, Sabtu (1/7).

Namun, jika melihat hasil pantauan BPBD Provinsi Jawa Tengah terkait 11 wilayah kabupaten yang terdampak gempa Bantul, jumlah kerusakan terbanyak ada di Wonogiri.

Dia menyampaikan di wilayah Wonogiri bagian selatan mengalami dampak kerusakan paling banyak. Ada 111 rumah, tiga sekolah dan 14 fasilitas umum rusak.

"Kerusakan rata rata genteng dan plafon rumah jatuh, tetapi pendataan masih terus dilakukan," ujarnya.

Pihaknya sudah menurunkan ratusan sukarelawan kemanusiaan BPBD Wonogiri menyebar ke lapangan, untuk mendata dan melaporkan. Mereka bersama masyarakat terdampak untuk bergotong-royong membenahi dan memperbaiki rumah warga yang rusak.

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Sosial, PMI, Polri dan TNI setempat untuk bersama-sama melakukan penanganan kedaruratan yang diperlukan termasuk bantuan logistik dan obat obatan yang disiapkan.

Gempa bumi magnitudo 6,4 yang mengguncang Bantul, Yogyakarta berakibat 111 rumah di Kabupaten Wonogiri mengalami kerusakan.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News