Gempa M 6,4 Yogyakata, Aliran Listrik di Kebumen Terputus

Jumat, 30 Juni 2023 – 22:47 WIB
Gempa M 6,4 Yogyakata, Aliran Listrik di Kebumen Terputus - JPNN.com Jateng
Ilustrasi gempa. ILUSTRATOR: Sultan Amanda/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,4 mengguncang Yogyakarta pada Jumat (30/6). Gempa tersebut juga terasa hingga ke Jawa Tengah.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan akibat gempa tersebut beberapa merusak sejumlah rumah warga serta memutus aliran listrik.

"Perkembangan hingga pukul 20.40 WIB terdapat dua unit rumah warga rusak ringan di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah," kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari di Jakarta.

Dia mengatakan gempa juga merusak jaringan listrik di beberapa wilayah di Kebumen.

"Di wilayah Yogyakarta ada satu unit rumah warga rusak, tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul," katanya.

Sejak BMKG merilis fenomena geologi tersebut pada pukul 19.57 WIB, lanjut dia, Pusdalops BNPB telah berkoordinasi dengan petugas BPBD di wilayah terdampak.

Pusdalops BNPB masih memonitor dan melakukan koordinasi dengan beberapa BPBD di wilayah Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD di wilayah terdampak telah berada di lapangan untuk melakukan pendataan dan pemantauan.

"Warga di beberapa wilayah merasakan guncangan kuat. Guncangan dengan intensitas kuat dirasakan warga Kabupaten Bantul, Kulon Progo, dan Gunung Kidul," katanya.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan gempa M 6,4 Yogyakarta mengakibatkan aliran listrik di Kebumen terputus.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News