Muncul Kasus Penculikan Anak, Disdik Kota Semarang Tak Tinggal Diam

Kamis, 02 Februari 2023 – 10:21 WIB
Muncul Kasus Penculikan Anak, Disdik Kota Semarang Tak Tinggal Diam - JPNN.com Jateng
Arsip Foto. Siswa sekolah dasar berjalan menuju ke ruang kelas di satu sekolah di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. (ANTARA FOTO/R. Rekotomo)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang, Jawa Tengah, mengimbau para pengelola dan pengurus sekolah di wilayahnya meningkatkan kewaspadaan menyusul munculnya kasus-kasus penculikan anak.

Imbauan tersebut tertuang dalam surat bernomor B/2367/4201/II/2023 mengenai kewaspadaan terhadap upaya penculikan anak yang diteken oleh Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Suwarto pada 1 Februari 2023.

"Betul (ada imbauan). Untuk semua jenjang pendidikan di bawah SMP (sekolah menengah pertama)," kata Suwarto saat dimintai konfirmasi, Kamis (2/2).

Surat imbauan dari Disdik Kota Semarang mengenai peningkatan kewaspadaan terhadap upaya penculikan anak memuat sembilan poin, antara lain imbauan untuk memaksimalkan pengamanan dan pemantauan peserta didik selama berada di sekolah.

Dinas Pendidikan mengimbau pengelola sekolah menugaskan petugas keamanan, penjaga sekolah, dan guru untuk memantau siswa selama berada di sekolah serta memastikan pengantar dan penjemput siswa adalah orang tua, wali murid, atau anggota keluarga yang sudah dikenal.

Jika mengetahui penjemput siswa bukan orang yang dikenal maka peserta didik harus diminta tetap berada di sekolah sementara orang tua atau wali muridnya dihubungi untuk menjemput dia.

Imbauan dari Dinas Pendidikan juga mencakup pembatasan dan pengawasan peserta didik yang keluar dari sekolah pada jam istirahat, termasuk saat akan membeli makanan atau jajanan di luar sekolah.

Di samping itu, Disdik Kota Semarang meminta pemanfaatan perangkat CCTV milik sekolah dioptimalkan untuk mengawasi siswa, terutama di area sekitar gerbang sekolah.

Muncul kasus penculikan anak di Kota Semarang. Disdik menindaklanjutinya dengan surat imabauan, simak!
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News