Waspada! Cuaca Ekstrem Bakal Melanda Jawa Tengah 3 Hari ke Depan

Kamis, 09 Februari 2023 – 23:30 WIB
Waspada! Cuaca Ekstrem Bakal Melanda Jawa Tengah 3 Hari ke Depan - JPNN.com Jateng
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di Jawa Tengah. Ilustrasi Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan diri terkait prediksi cuaca cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Jawa Tengah pada tanggal 10-12 Februari 2023.

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi (Stamet) Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo mengimbau masyarakat waspada dengan adanya cuaca ekstrem di Jawa Tengah tersebut.

"Potensi cuaca ekstrem ini berupa curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," katanya, Kamis (9/2).

Dia menyebutkan cuaca ekstrem terjadi karena adanya potensi peningkatan pertumbuhan awan hujan dan cuaca signifikan di sebagian wilayah Indonesia khususnya Jateng.

"Berdasarkan prospek cuaca ekstrem yang dirilis BMKG Stamet Ahmad Yani Semarang pada Kamis siang, kondisi tersebut didukung oleh beberapa faktor di antaranya fenomena Maden Jullian Oscillation (MJO) terpantau aktif dan berada di kuadran 4," jelasnya.

Selain itu, kata dia, munculnya siklon tropis Freddy di Samudra Hindia selatan Jawa Timur serta belokan angin di wilayah Jateng yang didukung dengan kelembapan udara yang relatif cukup tinggi dan labilitas lokal yang cukup labil.

"Berdasarkan kondisi tersebut, cuaca ekstrem berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Jateng pada tanggal 10-12 Februari 2023," tegasnya.

Berikut sebaran prakiraan cuaca ekstrem di Jawa Tengah:

Cuaca ekstrem di Jawa Tengah diprediksi bakal berlangsung 3 hari ke depan. Waspada bencana hidrometeorologi.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News