Akhirnya, Revitalisasi Keraton Surakarta Dimulai Juga

Kamis, 09 Februari 2023 – 22:35 WIB
Akhirnya, Revitalisasi Keraton Surakarta Dimulai Juga - JPNN.com Jateng
Kawasan Keraton Surakarta, beberapa waktu lalu. ANTARA/Aris Wasita.

jateng.jpnn.com, SOLO - Pemkot Surakarta akan memulai revitalisasi Keraton Surakarta, Jawa Tengah, dari Gerbang Gladak.

Revitalisasi itu dilakukan seiring dengan komitmen pemerintah daerah setempat serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mengerjakan proyek tersebut.

"Yang kami garap dulu Gerbang Gladak dan Alun-alun Selatan," kata Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Kamis (9/2).

Dia mengatakan keputusan tersebut sesuai dengan hasil pertemuan dengan Putra Mahkota Keraton Surakarta Kanjeng Gusti Pangeran Harya (KGPH) Purbaya pada Rabu (8/2).

"Semua bertahap karena semua kan bangunan cagar budaya, jadi perlu perhatian khusus," katanya.

Gibran mengatakan revitalisasi juga akan menyasar pada bangunan Masjid Agung Keraton Surakarta.

"Otomatis Masjid Agung juga harus mengikuti. Khususnya di Masjid Agung, kan, bangunan luar biasa, tetapi kerusakan bisa dilihat secara kasat mata," tuturnya.

Gibran mengatakan untuk proses revitalisasi bangunan masjid juga akan menggandeng Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB).

Keraton Surakarta yang lama tak tersentuh perbaikan akhirnya bakal direvitalisasi juga. Gibran sudah jelaskan rencana tersebut.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News