1 Tahun Naik Takhta Mangkunegara X, Gibran Dapat Gelar Kanjeng Pangeran

Rabu, 01 Maret 2023 – 16:15 WIB
1 Tahun Naik Takhta Mangkunegara X, Gibran Dapat Gelar Kanjeng Pangeran - JPNN.com Jateng
Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Mangkunegara X pada jumenengan di Pura Mangkunegaran Surakarta, Jateng, Rabu (1/3/2023). FOTO ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SOLO - Pura Mangkunegaran Surakarta menggelar peringatan kenaikan takhta Mangkunegara X pada acara Tingalan Jumenengan di Solo, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (1/3).

Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegara X GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo mengatakan ingin mengembangkan Projo Mangkunegaran sebagai ahli budaya.

“Untuk membentuk budaya bangsa, khususnya budaya Jawa saat ini. Tepat satu tahun saya memimpin Proyek Mangkunegaran, sekaligus menjaga budaya sesuai falsafah tri dharma Mangkunegaran,” katanya di sela-sela jumenengan di Pura Mangkunegaran

Dia berharap dapat menggunakan nilai-nilai budaya untuk menjawab permasalahan yang dihadapinya sehari-hari.

“Relevansi itu yang utama. Bagaimana budaya bisa terus tumbuh dan berkembang sehingga bisa terus hidup dalam detak jantung dan nafas kita setiap saat,” ujarnya.

Menurutnya, tidak ada yang lebih berharga selain menyatukan semua pihak untuk menjadi ujung tombak dalam pelestarian dan pengembangan budaya.

“Berlandaskan kepedulian dan kasih sayang, saya berharap kita semua sebagai Kawula Mangkunegara tetap memegang teguh nilai-nilai nenek moyang kita yaitu bahagia dengan tingkah lakunya, dewasa , mantap , dan bersahabat (fokus). Jadikan itu sebagai akar untuk tumbuh sesuai dengan perkembangan zaman,” katanya.

Dia pun berharap pemuda mengambil peran penting dalam pembelajaran budaya dan menjadi pilar Projo Mangkunegara selanjutnya.

Pura Mangkunegara memperingati satu tahun naik takhtanya Mangkunegara X. Gibran Rakabumin Raka dapat gelar Kanjeng Pangeran Haryo (KPH).
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News