Iin Mengeklaim Kasus RAT Tak Pengaruhi Penerimaan Pajak di Semarang

Kamis, 23 Maret 2023 – 18:50 WIB
Iin Mengeklaim Kasus RAT Tak Pengaruhi Penerimaan Pajak di Semarang - JPNN.com Jateng
Sejumlah pekerja melakukan perawatan bangunan cagar budaya Lawang Sewu di kawasan Tugu Muda, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (2/11/2018). Bangunan yang didirikan sejak 1904 dan awalnya merupakan kantor Perusahaan Kereta Api milik kolonial Belanda (NIS) tersebut saat ini menjadi destinasi wisata sejarah favorit di Semarang, khususnya soal perkeretaapian. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Badan Pendapatan Daerah Kota Semarang memastikan kegaduhan terkait oknum pegawai Direktorat Jenderal Pajak belakangan ini tidak mempengaruhi penerimaan pajak daerah yang dibayarkan masyarakat.

"Kami cukup prihatin dengan adanya isu itu ya, tetapi sebenarnya bukan institusi ya, melainkan oknum-oknum," kata Kepala Bapenda Kota Semarang Indriyasari, Kamis (23/3).

Kasus yang menjerat mantan pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo (RAT) yang diketahui memiliki harta fantastis turut membuat koleganya di perpajakan ikut tersorot, terutama mereka yang kerap memamerkan harta di media sosial.

Iin, sapaan akrab Indriyasari menjelaskan Bapenda menangani pajak daerah yang berbeda dengan pajak pusat, termasuk juga berkaitan dengan regulasi-regulasinya, misalnya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

"Kami pun punya standar sendiri yang berbeda, dan berharap masyarakat bisa paham tentang hal tersebut. Kami mengimbau masyarakat untuk tidak terpengaruh dengan isu tersebut," ujarnya.

Sampai sejauh ini, kata dia, realisasi penerimaan pajak daerah juga masih cukup bagus sebagai bukti bahwa masyarakat Kota Semarang sangat kooperatif dan mendukung pada program pembangunan.

"Ya, mungkin karena mereka melihat hasil nyata dari progres pembangunan. Sampai dengan saat ini, realisasi (pajak daerah) masih terpantau baik dan mudah-mudahan tetap terjaga terus," katanya.

Ia menyebutkan penerimaan pajak daerah di Kota Semarang sampai saat ini mencapai Rp 360 miliar dari total yang ditargetkan Bapenda Kota Semarang pada tahun 2023 sebesar Rp 2,2 triliun.

Kepala Bapenda Kota Semarang Indriyasari mengeklaim kasus RAT tidak mempengaruhi penerimaan pajak daerah.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News