Lebaran 2023, BI Siapkan Rp 28,1 Triliun Kebutuhan Warga Jateng-DIY

Senin, 27 Maret 2023 – 13:40 WIB
Lebaran 2023, BI Siapkan Rp 28,1 Triliun Kebutuhan Warga Jateng-DIY - JPNN.com Jateng
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah Rahmat Dwisaputra (baju batik), didampingi Sekretaris Daerah Jawa Tengah Sumarno (tiga dari kiri), dan jajaran perbankan saat peluncuran program Serambi (Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri) di halaman Kantor Perwakilan WIlayah BI Jateng, Semarang, Senin (27/3/2023). (ANTARA/Zuhdiar Laeis)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Bank Indonesia menyiapkan uang kartal sebesar Rp 28,1 triliun untuk kebutuhan masyarakat di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama periode Ramadan dan Idulfitri 1444 Hijriah.

"Kami siapkan untuk wilayah Jateng-DIY sebesar Rp 28,1 triliun, atau meningkat 11 persen dibandingkan tahun lalu," kata Kepala Perwakilan BI Jateng Rahmat Dwisaputra di Semarang, Senin (27/3).

Hal tersebut disampaikannya saat peluncuran program Serambi (Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri) yang merupakan kegiatan rutin tahunan BI setiap menyambut Ramadan dan Lebaran.

Program Serambi merupakan rangkaian kegiatan pemenuhan kebutuhan uang rupiah dan layanan kas kepada masyarakat periode Ramadan dan Lebaran 2023 untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap uang pecahan kecil (UPK).

Memang, diakui Rahmat, kebutuhan uang rupiah, terutama menjelang Ramadan dan Idulfitri pasti meningkat meski selama dua tahun, yakni 2020 dan 2021 sempat turun karena pengaruh pandemi Covid-19.

"Namun, pada 2022 dan 2023 ini terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Untuk Semarang dan sekitarnya, kami telah menyiapkan uang kartal sebesar Rp 9,4 triliun atau meningkat 6 persen dari realisasi 2022," ujarnya.

Untuk program Serambi, Rahmat mengatakan pihaknya bekerja sama dengan 10 perbankan untuk melayani penukaran uang rupiah di halaman Kantor Perwakilan Wilayah BI Jateng, Semarang.

"Layanan penukaran uang di sini kami buka mulai sekarang sampai 18 April 2023. Ini di luar perbankan yang sudah bekerja sama dengan kami setiap tahun untuk membuka layanan penukaran uang bagi masyarakat," katanya.

BI menyiapkan uang kartal sedikitnya Rp 28,1 triliun untuk kebutuhan Lebaran 2023 di Jateng-DIY. Angka tersebut meningkat 11 persen.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News