Begini Skenario Ganjar Siapkan Mudik Lebaran Aman dan Berkesan

Jumat, 31 Maret 2023 – 16:57 WIB
Begini Skenario Ganjar Siapkan Mudik Lebaran Aman dan Berkesan - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo rapat persiapan mudik lebaran 2023 bersama Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Lutfhi dan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan memberikan rasa aman dan kesan bagi masyarakat yang mudik Lebaran 2023.

Bersama Forkopimda Jateng, dia sedang menyiapkan sejumlah skenario dan langkah antisipasi mudik pada Idulfitri 1444 H.

"Kami dari Pemda mencoba untuk menyiapkan, titik macetnya di mana, rest area terus kemudian pasar tumpah dan U-turn mesti menjadi perhatian kami," kata Ganjar di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Jumat (31/3).

Menjelang Lebaran 2023 yang menjadi fokus Ganjar adalah infrastruktur khususnya jalan. Progresnya masih terus dikebut, berkejaran dengan cuaca ekstrem yang diprediksi BMKG masih berlangsung hingga Mei.

"Maka betul-betul sekarang kita diuji, kekompakan kita akan coba kita padukan dengan membuat perencanaan yang baik, kami minta dukungan dari DPRD, forkopimda komplit, Kajati, Pangdam, untuk kita bisa mensupport," ujarnya.

Dia menuturkan ada potensi kenaikan jumlah pemudik hingga 45,8 persen yang menuju ke Jawa Tengah pada masa Lebaran 2023. Jumlah kendaraan mencapai angka 1,72 juta kendaraan.

Selain itu, Ganjar juga mencermati ketersediaan stok pangan. Menurutnya, stok beras dan minyak goreng aman, masing-masing sebanyak 14.500 ton dan 102 ton.

"Termasuk menjaga keamanan pangan, kami mintakan untuk ngecek betul dipastikan semuanya aman," ujarnya.

Gubernur Ganjar Pranowo sedang fokus menyiapkan mudik yang aman dan dapat memberikan kesan. Seperti apa?
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News