Jawa Tengah Diprediksi Dilanda Cuaca Ekstrem 3 Hari, Berikut Sebarannya

Senin, 03 April 2023 – 21:42 WIB
Jawa Tengah Diprediksi Dilanda Cuaca Ekstrem 3 Hari, Berikut Sebarannya - JPNN.com Jateng
Ilustrasi cuaca ekstrem. Foto: Ricardo/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca ekstrem yang bakal melanda Jawa Tengah selama 3 hari ke depan.

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan kondisi cuaca ekstrem di Jawa Tengah terjadi dari 4 sampai 6 April 2023

"Potensi cuaca ekstrem itu berupa curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," katanya di Cilacap, Senin (3/4).

Teguh menjelaskan bahwa berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, potensi cuaca ekstrem timbul karena adanya pola belokan angin dan pertemuan angin di wilayah Jawa Tengah.

"Selain itu, hangatnya suhu muka laut di wilayah perairan Jawa Tengah dan labilitas udara yang cukup labil, serta kelembapan udara yang cukup basah berpotensi menyebabkan hujan sedang-lebat yang dapat disertai dengan petir serta angin kencang di beberapa wilayah Jawa Tengah," katanya.

Berikut sebaran cuaca esktrem di Jawa Tengah:

Selasa, 4 April 2023

Kabupaten Cilacap, Kebumen, Temanggung, Wonosobo, Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara, Semarang, Salatiga, Boyolali, Batang, Pekalongan, Magelang, Karanganyar, Sragen, Grobogan, Blora, Brebes, dan sekitarnya.

Cuaca ekstrem di Jawa Tengah diprediksi bakal berlangsung 3 hari ke depan. Berikut sebarannya.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News