Kapolda Jawa Tengah: Pemudik Mulai Padati Gerbang Tol Kalikangkung

Sabtu, 15 April 2023 – 23:12 WIB
Kapolda Jawa Tengah: Pemudik Mulai Padati Gerbang Tol Kalikangkung - JPNN.com Jateng
Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi. FOTO: Humas Polda Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi memastikan kesiapan 21 ribu personel gabungan yang dikerahkan di 253 Pos Mudik Lebaran 2023.

Kesiapan itu disampaikan Irjen Lutfhi seusai meninjau kesiapan menyambut arus mudik di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Sabtu (15/4).

"Hari senin besok (17/4) kita laksanakan  gelar pasukan. Namun sejak hari ini Polda Jawa Tengah sudah siapkan 253 pos pengamanan yang sudah mulai beroperasi," tutur Irjen Lutfhi.

Cara itu adalah upaya mengantisipasi kenaikan arus mudik yang masuk dan melintasi Jawa Tengah. Terhitung sejak hari ini jumlah kendaraan yang melintas GT Kalikangkung meningkat 15 persen.

"Yang biasanya melintas 1.000 kendaraan perjamnya. Hari ini sudah 1.200 kendaraan, jadi ada kenaikan sekitar 15 persen. Diperkirakan mencapai puncaknya pada tanggal 18 nanti," katanya.

Diprediksi jumlah kendaraan yang melintasi GT Kalikangkung pada puncak arus mudik akan mencapai 3.000 kendaraan dalam 1 jam.

Untuk itu, pihaknya telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan jumlah kendaraan.

"Bila perlu nanti akan diberlakukan sistem One Way melalui berkoordinasi dengan Korlantas Polri. Dan tiap rest area akan dibatas waktu berkunjung selama 30 menit untuk mencegah kepadatan jumlah pengunjung," ujarnya.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi memastikan kesiapan 21 ribu personel gabungan yang dikerahkan di 253 Pos Mudik Lebaran 2023.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News