Masjid Baiturrahim Kinibalu Semarang Menggelar Salat Idulfitri 1444 Hijriah Dua Kali

Kamis, 20 April 2023 – 19:30 WIB
Masjid Baiturrahim Kinibalu Semarang Menggelar Salat Idulfitri 1444 Hijriah Dua Kali - JPNN.com Jateng
Masjid Baiturrahim di Jalan Kinibalu, Kelurahan Tandang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Masjid Baiturrahim di Jalan Kinibalu, Kelurahan Tandang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang bakal menggelar Salat Idulfitri 1444 Hijriah pada dua hari berbeda, yakni pada Jumat (21/4) dan Sabtu (22/4).

Pelaksanaan Salat Idulfitri sebanyak dua kali di hari berbeda ini sudah berjalan bertahun-tahun silam. Tujuan utamanya yakni menghargai perbedaan metode hisab dan rukyat yang ada di Indonesia.

"Perbedaan pandangan ini sudah menjadi rahasia umum, benar semua berdasarkan dalilnya masing-masing," kataTakmir Masjid Baiturrahim Kinibalu Aris Susanto (42) kepada JPNN.com, Kamis (20/4).

Aris mengatakan, dasar itulah yang membuat pihaknya memfasilitasi karena takmir, menurutnya bukan penguasa antara masjid dengan jamaah.

Rata-rata jamaah masjid terbagi menjadi dua kelompok yang memiliki perbedaan pandangan tersebut. Ada yang Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama serta yang mengikuti penetapan pemerintah.

"Kami berusaha memfasilitasi. Takmir adalah pelayan jamaah bukan condong kemana, toh ini masjid kampung bukan milik masjid ormas tertentu," ujar lulusan Pondok Pesantren Tebuireng Jombang tersebut.

Belum lagi, kata Aris, bila ditengok mundur masjid ini dulunya adalah musala. Berjalannya waktu, atas inisiatif warga yang berbeda latar belakang kemudian dibangunlah menjadi masjid.

Pada saat itu, para pendiri masjid tidak ingin adanya saling menyalahkan dan mencari pembenaran antara satu dengan yang lain.

Masjid Baiturrahim di Jalan Kinibalu, Kelurahan Tandang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang bakal menggelar Salat Idulfitri 1444 Hijriah pada dua hari berbeda,
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News