Selama Arus Mudik-Balik Lebaran, Bandara Adi Soemarmo Solo Melayani 79.695 Penumpang

Rabu, 03 Mei 2023 – 21:50 WIB
Selama Arus Mudik-Balik Lebaran, Bandara Adi Soemarmo Solo Melayani 79.695 Penumpang - JPNN.com Jateng
Calon penumpang menunggu di ruang tunggu Bandara Adi Soemarmo Solo pada arus balik Lebaran lalu. ANTARA/HO-Bandar Udara Adi Soemarmo

jateng.jpnn.com, BOYOLALI - Selama arus mudik dan balik Lebaran 2023, Bandara Adi Soemarmo Solo di Jawa Tengah telah melayani sebanyak 79.695 penumpang.

Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo Ibnu Solikhin mengatakan jumlah penumpang tersebut melakukan perjalanan dari tanggal 14 April-2 Mei 2023.

"Jumlah penumpang tersebut tumbuh 104 persen dibandingkan dengan tahun lalu pada periode tanggal yang sama, yakni 39.139 penumpang," katanya, Rabu (3/5).

Dia mengatakan untuk tahun ini, puncak arus mudik Lebaran terjadi pada 20 April 2023 dengan jumlah penumpang mencapai 5.049 penumpang.

"Penumpang ini baik penumpang datang maupun berangkat melalui Bandara Internasional Adi Soemarmo," ujarnya.

Untuk puncak arus baliknya terjadi pada tanggal 25 April 2023 yaitu sebanyak 6.184 pergerakan penumpang.

"Angka ini meningkat signifikan jika dibandingkan dengan arus balik tahun lalu pada tanggal yang sama, yakni sebanyak 1.849 pergerakan penumpang," jelasnya.

Selanjutnya, untuk jumlah pergerakan pesawat juga tumbuh 84 persen, dari 306 pada pergerakan penumpang periode tahun sebelumnya menjadi 562 pergerakan pesawat di tahun ini.

Pada Lebaran kali ini tingkat layanan dapat dioptimalkan sehingga walaupun terdapat kenaikan jumlah penumpang yang cukup signifikan, untuk perkiraan waktu tunggu check in dapat dijaga dengan ritme 2 menit.

Sementara itu, rata-rata keterlambatan penerbangan diakibatkan karena alasan operasional pesawat udara bukan diakibatkan oleh pihak bandara.

"Rata-rata waktu keterlambatan kurang lebih 31-120 menit," katanya. (antara/jpnn)

Selama arus mudik dan balik Lebaran 2023, Bandara Adi Soemarmo Solo di Jawa Tengah telah melayani sebanyak 79.695 penumpang.

Redaktur & Reporter : Danang Diska Atmaja

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News