32 Biksu Thudong ke Candi Borobudur Dijamu Pemkab Batang

Jumat, 26 Mei 2023 – 18:32 WIB
32 Biksu Thudong ke Candi Borobudur Dijamu Pemkab Batang - JPNN.com Jateng
Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki sedang menyambut 32 biksu dari sejumlah negara yang melakukan ritual Thuddong (berjalan kaki) menuju Candi Borobudur, Jumat (26/5/2023). (ANTARA/Kutnadi)

jateng.jpnn.com, BATANG - Pemkab Batang Jawa Tengah, menyambut 32 biksu yang sedang menjalani ritual Thudong atau berjalan kaki dari Nakhon Si Thammarat Thailand menuju Candi Borobudur untuk merayakan Waisak.

Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan bahwa pihaknya sengaja menyambut para biksu yang tengah melintas di Batang dalam perjalan jalan kaki menuju Candi Borobudur.

"Tadi para biksu mengaku sangat senang sekali karena disambut meriah oleh masyarakat saat melintas di wilayah Kabupaten Batang. Selain itu, kami juga menjamu para biksu dengan memberikan makan pagi dengan hidangan khas daerah ini," katanya, Jumat (26/5).

Menurut dia, para biksu ini singgah di tiga lokasi yaitu rumah dinas bupati, kemudian istirahat di Desa Simbang Desa, dan Banyuputih untuk istirahat semalam.

"Kami mendoakan rombongan biksu ini diberi kelancaran selama perjalanan dan selamat sampai ke Candi Borobudur sesuai jadwal yang sudah direncanakan," kata Lani Dwi Rejeki.

Ritual Thuddong yang diinisiasi oleh biksu asal Indonesia yakni Bhante Kantadhammo atau yang akrab disapa Bhante Wawan mengatakan 32 biksu asal Thailand, Malaysia, Singapura, dan Indonesia direncanakan tiba di Candi Borobudur pada 2 Juni 2023.

32 biksu dari sejumlah negara itu mulai berjalan kaki dari Nakhon Si Thammarat Thailand mulai 23 Maret 2023, dan direncanakan sampai di Candi Borobudur pada 2 Juni 2023

Bhante Wawan Biksu asal Indonesia ini mengatakan puluhan biksu merasa senang selama menjalani ritual berjalan kaki karena masyarakat sangat antusias menyambut kehadiran mereka.

Pemkab Batang, Jateng, menyambut kedatangan 32 Biksu Thudong ke Candi Borobudur yang melintasi daerahnya.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News