Ada Alat Canggih di Gerbang Keberangkatan Stasiun Semarang Tawang

Senin, 05 Juni 2023 – 21:52 WIB
Ada Alat Canggih di Gerbang Keberangkatan Stasiun Semarang Tawang - JPNN.com Jateng
Stasiun Semarang Tawang menerapkan fasilitas pengenalan wajah atau "face recognation" pada gerbang keberangkatan. (ANTARA/ HO-KAI Daop Semarang)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Gerbang keberangkatan di Stasiun Semarang Tawang kini sudah dipasangi alat pengenalan wajah atau face recognation.

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang Ixfan Hendri Wintoko mengatakan alat pengenalan wajah tersebut merupakan inovasi terbaru dari KAI dalam meningkatkan layanan terhadap pelanggan.

"Layanan berfungsi mengidentifikasi dan memvalidasi identitas seseorang melalui wajah yang datanya sudah diintegrasikan dengan data tiket kereta yang dimiliki hingga status vaksinasi pelanggan," katanya melalui keterangan resmi, Senin (5/6).

Dia menjelaskan sebelum memanfaatkan layanan ini, pelanggan KAI harus melakukan registrasi di mesin yang sudah disediakan di area stasiun.

Lebih lanjut, registrasi KTP Elektronik serta pemindaian sidik jari telunjuk kiri dan kanan tersebut hanya dilakukan sekali dan berlaku untuk seterusnya.

"Setelah registrasi, calon penumpang cukup melewati alat pengenal wajah yang sudah tersedia, tidak perlu lagi mencetak boarding pass," jelasnya.

Dia menuturkan cukup membutuhkan waktu beberapa detik untuk memindai wajah sebelum nantinya gerbang keberangkatan terbuka otomatis.

Meski telah tersedia gerbang keberangkatan dengan alat pengenal wajah, kata dia, layanan boarding manual tetap tersedia bagi para calon penumpang.

PT KAI mulai menerapkan fasilitas pengenalan wajah atau face recognation pada gerbang keberangkatan di Stasiun Semarang Tawang, Jawa Tengah.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News