Gibran: Warga Parkir di Pinggir Jalan Akan Kena Sanksi

Rabu, 14 Juni 2023 – 14:25 WIB
Gibran: Warga Parkir di Pinggir Jalan Akan Kena Sanksi - JPNN.com Jateng
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan pihaknya sedang menyiapkan sanksi kepada warga yang memarkir kendaraan mereka di pinggir jalan-jalan kampung.

"Karena melanggar aturan, sanksi yang diberikan bisa berupa penderekan sesuai dengan peraturan daerah terkait parkir di jalan-jalan kampung," ujarnya, Rabu (14/6).

Dia menjelaskan sanksi bagi pelanggar diatur dalam Pasal 90 tentang ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara penderekan, penyimpanan, penjaminan, keamanan, administrasi, serta pengambilan kendaraan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 89 diatur dalam Peraturan Walikota (Perwali) Kota Surakarta Nomor 7.1 Tahun 2022.

Terkait hal itu, hingga saat ini pihaknya sudah menerima banyak keluhan dari warga terkait dengan parkir kendaraan di pinggir jalan kampung.

Bahkan, tidak sedikit yang memasang kanopi sehingga mengganggu aktivitas masyarakat lain.

"Sudah kami tindaklanjuti ya. Dari Dinas Perhubungan juga sudah muter-muter ke lokasi yang dikeluhkan itu," katanya.

Dia mengatakan laporan sudah banyak yang masuk. Bahkan, sebagian warga menjadikan parkir pinggir jalan sebagai sesuatu yang dianggap normal.

"Ada yang sudah bikin kanopi, ada yang memang mobilnya tidak pernah dipakai, disarungin, macam-macamlah," katanya.

Gibran mendorong masyarakat untuk berani melaporkan kejadian tersebut.

"Masyarakat juga sudah aware tentang aturan-aturan itu. Kadang warga merasa pekewuh (tidak enak hati), tetapi itu salah," katanya. (antara/jpnn)

Gibran Rakabuming Raka mengatakan pihaknya sedang menyiapkan sanksi kepada warga yang memarkir kendaraan mereka di pinggir jalan-jalan kampung.

Redaktur & Reporter : Danang Diska Atmaja

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News