Ganjar Ungkap Kesan Kaisar Jepang saat Kunjungi Candi Borobudur

Kamis, 22 Juni 2023 – 12:30 WIB
Ganjar Ungkap Kesan Kaisar Jepang saat Kunjungi Candi Borobudur - JPNN.com Jateng
Kaisar Jepang Naruhito (nomor dua dari kiri) didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko Febrina Intan dan Sub Koordinator Warisan Dunia Borobudur Wiwit Kasiati mengunjungi Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Kamis (22/6/2023). (ANTARA/Anis Efizudin)

jateng.jpnn.com, MAGELANG - Kaisar Jepang Naruhito mengunjungi Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (22/6).

Kaisar Jepang naik sampai ke lantai sembilan Candi Borobudur dan berada di lantai atas candi selama sekitar 30 menit.

Staf Edukator Museum dan Cagar Budaya Mura Aristina seusai memandu Kaisar Naruhito menaiki Candi Borobudur menjelaskan, Kaisar hanya naik sampai ke lantai sembilan karena lantai 10 Candi Borobudur dikhususkan untuk peribadatan.

"Kami jelaskan bahwa lantai paling atas atau lantai 10 khusus untuk peribadatan dan Beliau sangat memahami dan menghormati," kata Mura.

Dia juga menjelaskan alasan Candi Borobudur dibangun di area bukit yang berdekatan dengan sungai.

"Di sekitar sini ada pertemuan Sungai Elo dan Progo, batu di sungai tersebut dibawa ke sini untuk membangun candi," katanya.

Menurut dia, Kaisar Naruhito sempat memotret beberapa relief Candi Borobudur menggunakan kamera telepon seluler.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang mendampingi Kaisar Naruhito, menuturkan bahwa Kaisar sangat senang mendengar penjelasan dari pemandu mengenai Candi Borobudur.

Ganjar Pranowo mengungkapkan kesana Kaisar Jepang Naruhito saat berada di Candi Borobudur. Begini katanya.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News