Banyak SD Negeri di Semarang Kekurangan Siswa, Mbak Ita Turun Tangan

Rabu, 28 Juni 2023 – 20:48 WIB
Banyak SD Negeri di Semarang Kekurangan Siswa, Mbak Ita Turun Tangan - JPNN.com Jateng
Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu. (ANTARA/Zuhdiar Laeis)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Sejumlah sekolah dasar (SD) negeri di Kota Semarang kekurangan siswa pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2023 karena hanya sedikit yang diterima dari kuota yang disediakan.

Berdasarkan hasil seleksi yang dipantau dari laman resmi PPDB Kota Semarang 2023, Rabu (28/6), sejumlah SD yang minim siswa, di antaranya SDN Wonodri, SDN Karangkidul, SDN Plalangan 02, dan SDN Sumurrejo 01 Semarang.

Dari kuota yang disediakan sebanyak 28 siswa, di SDN Wonodri hanya ada 10 siswa diterima, SDN Karangkidul hanya ada enam siswa, SDN Plalangan ada 10 siswa, dan SDN Sumurrejo hanya 12 siswa.

Ada beberapa SD negeri lain yang kekurangan siswa, tetapi tidak terlalu minim di antaranya SDN Jomblang 03 yang siswa baru tahun ajaran ini sebanyak 30 orang dari kuota 56 kursi.

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengaku sudah mengetahui persoalan tersebut dan akan segera melakukan evaluasi terkait adanya sejumlah SD negeri yang minim siswa baru.

Mbak Ita, sapaan akrabnya, menyebutkan bahwa salah satu faktor yang diduga menjadi penyebab SD negeri minim pendaftar adalah berkaitan dengan sulitnya akses transportasi.

"Kaitan PPDB, ada (aduan, red.) yang masuk ke saya tidak adanya akses transportasi ke sana (sekolah). Ini, kan, susah. Makanya perlu dicarikan solusi-solusi," katanya.

Menurut dia, pemetaan akan dilakukan di setiap sekolah yang kekurangan siswa untuk mengetahui penyebabnya karena bisa saja berbeda berdasarkan kondisi sekolah masing-masing.

Banyak SD Negeri di Kota Semarang yang kekurangan siswa pada PPDB 2023. Mbak Ita turun tangan mengatasi masalah.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia