Komitmen Gibran Jadikan Solo Sebagai Kota Toleransi

Sabtu, 01 Juli 2023 – 19:30 WIB
Komitmen Gibran Jadikan Solo Sebagai Kota Toleransi - JPNN.com Jateng
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka bersalaman dengan Pengasuh Pondok Pesantren Tebungireng Jombang KH Abdul Halim Mahfudz pada Seminar Kebangsaan Penanggulangan Bahaya Radikalisme Masa Depan dan Keberhasilan Gerakan Toleransi Solo Terhadap Kemajuan Ekonomi Kreatif di Pondok Pesantren Az-Zayadiyy Solo, Sabtu (1/7/2023). ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SOLO - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka berkomitmen kuat untuk memperkuat Solo sebagai kota toleransi sehingga mampu memberikan rasa nyaman kepada masyarakat.

"Dulu banyak imej buruk tentang Solo, kami mau mengubah itu. Alhamdulillah kalau di Solo banyak dukungan dari pak Kapolres, pak Dandim, dari guru kami Gus Karim (pengasuh pondok Az-Zayadiyy Abdul Karim)," katanya pada Seminar Kebangsaan Penanggulangan Bahaya Radikalisme Masa Depan dan Keberhasilan Gerakan Toleransi Solo Terhadap Kemajuan Ekonomi Kreatif di Pondok Pesantren Az-Zayadiyy Solo, Sabtu (1/7).

Putra sulung Presiden Jokowi itu mengatakan pada 2021 menjadi momen awal dia menjabat sebagai Wali Kota Surakarta, Solo menempati posisi ke-9 sebagai kota paling toleran di Indonesia.

"Sekarang kita masuk nomor 4 kota paling toleran," katanya.

Dia ingin menghilangkan imej Kota Solo sebagai kota teroris menjadi Solo yang adem ayem.

"Ya karena dukungan dari seluruh pemuka agama. Para kiai dan hari ini bertemu dengan para alumni Ponpes Tebuireng, tambah kekuatan lagi," katanya.

Terkait dengan bahaya radikalisme, Pengasuh Pondok Pesantren Tebungireng Jombang KH Abdul Halim Mahfudz mengatakan sudah terjadi sejak zaman Belanda.

"Bahkan Hadratus Syaikh (Pendiri Ponpes Tebuireng Hadhratus Syaikh KH Hasyim Asy'ari) pada saat itu cukup frontal dalam menghadapi aliran baru," katanya.

Terkait dengan paham radikalisme, dikatakannya, selama ukhuwah terbangun, maka radikalisme akan tersingkir dengan sendirinya.

"Akan berhenti sendiri. Bahkan (paham radikalisme) saat itu (zaman KH Hasyim Asy'ari) lebih berat," katanya.

Dia mengatakan Tebuireng hingga saat ini juga terus aktif memperluas syi'ar, saling mendukung, dan mengingatkan.

"Harus saling bersinergi satu sama lain," katanya. (antara/jpnn)

Gibran Rakabuming Raka berkomitmen kuat untuk memperkuat Solo sebagai kota toleransi sehingga mampu memberikan rasa nyaman kepada masyarakat.

Redaktur & Reporter : Danang Diska Atmaja

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News