Baru Dibangun, Jalur Alternatif Jangli-Undip Semarang Ambles, Ini Penyebabnya

Rabu, 05 Juli 2023 – 16:53 WIB
Baru Dibangun, Jalur Alternatif Jangli-Undip Semarang Ambles, Ini Penyebabnya - JPNN.com Jateng
Sekretaris Daerah Kota Semarang Iswar Aminuddin. (ANTARA/Zuhdiar Laeis)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Jalur alternatif yang menghubungkan Undip Semarang, Jawa Tengah, dengan kawasan Jangli yang baru saja dibangun, ambles.

Sekretaris Daerah Kota Semarang Iswar Aminuddin mengatakan pihaknya meneliti penyebab amblesnya beberapa titik di jalur alternatif tersebut.

"Hasil penelitian kemarin pada patahan yang terjadi di Jangli itu di bawahnya ada semacam lapisan tanah 'lempung' (tanah liat) sekian centimeter," katanya, Rabu (5/7).

Lapisan semacam tanah liat itulah, kata dia, menyebabkan penurunan tanah yang membuat jalan menjadi ambles.

Dia menyampaikan saat ini Pemkot Semarang masih mengkaji fenomena tersebut, termasuk bagaimana solusi terbaik yang akan dilakukan.

"Jadi, ada bentukan tanah di bawah yang masih perlu adanya pemadatan. Itu, kan, tanah alami semacam lempung yang belum padat ya," tuturnya.

Artinya, kata dia, langkah yang dilakukan harus dipertimbangkan dengan matang dan menjadi solusi yang efektif agar tidak terulang lagi kemudian hari.

Menurut dia, pemadatan yang harus dilakukan tidak bisa dengan menggunakan alat biasa, tetapi solusinya kemungkinan dengan penyuntikan semen pada rongga tanah yang belum padat tersebut.

Jalur alternatif yang menghubungkan Jangli-Undip Semarang yang baru saja dibangun, ambles. Pemko Semarang beri penjelasan.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News