Angkasa Pura 1 Bakal Bangun PLTS di Bandara Ahmad Yani Semarang

Senin, 17 Juli 2023 – 20:20 WIB
Angkasa Pura 1 Bakal Bangun PLTS di Bandara Ahmad Yani Semarang - JPNN.com Jateng
Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. FOTO: Humas Bandara Ahmad Yani.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Ratusan unit Solar PV Modul dengan kapasitas 100 kilowatt-peak (kWp) siap dipasang di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Nantinya, di atap kanopi area parkir gedung administrasi dan rooftop Gedung Main Power House (MPH) akan dipasangi piranti Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) tersebut.

Proyek yang digagas PT Angkasa Pura I (AP1) bersama anak usahanya yaitu PT Angkasa Pura Properti (APP) itu akan memperkuat penerapan konsep eco airport di bandara apung tersebut.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (AP1) Faik Fahmi mengatakan pembangunan PLTS ini adalah yang kedua setelah Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Menurutnya, pembangunan PLTS ini merupakan konsistensi dari AP1 dalam upayanya mewujudkan kontribusi positif pada kelestarian lingkungan, serta merupakan bentuk pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) untuk mengurangi emisi karbon.

"AP1 memiliki komitmen untuk mewujudkan operasional bandara yang ramah lingkungan, serta dapat memberikan kontribusi positif terhadap pelestarian lingkungan," katanya.

Pembangunan PLTS di bandara-bandara di bawah naungan AP1 merupakan perwujudan komitmen mendukung program net zero emission (NZE) pada 2060 yang dicanangkan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

"Hal ini tentu saja menjadi langkah konsisten dari kami untuk dapat mendukung bandara-bandara AP1 yang ramah lingkungan melalui penerapan konsep eco airport, pemanfaatan EBT, dan penggunaan energi bersih secara berkelanjutan," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura Properti Ristiyanto Eko Wibowo.

Ratusan unit Solar PV Modul dengan kapasitas 100 kilowatt-peak (kWp) siap dipasang di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News