Berkunjung ke Desa Lerep, Wali Kota Pariaman Belajar Banyak dari Ganjar

Jumat, 14 Juli 2023 – 21:59 WIB
Berkunjung ke Desa Lerep, Wali Kota Pariaman Belajar Banyak dari Ganjar - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Pariaman Genius Umar di Desa Lerep, Kabupaten Semarang. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima kunjungan kerja dari Pemerintah Kota Pariaman, Sumatra Barat, Jumat (14/7).

Rombongan yang dipimpin Wali Kota Pariaman Genius Umar itu ingin belajar mengelola dan mengembangkan desa wisata seperti yang dilakukan Ganjar di Jawa Tengah.

Bersama seluruh camat, lurah dan OPD terkait di Pariaman, Genius disambut dan diajak langsung oleh Ganjar ke salah satu desa wisata andalan Jawa Tengah, yaitu Desa Wisata Lerep, Kabupaten Semarang.

Selain mendapat penjelasan langsung dari Ganjar, rombongan dari Pariaman yang bejumlah 95 orang itu juga bisa menikmati suguhan kuliner lokal. Di antaranya, sego tonjok, nasi iriban, bubur suweg, kopi klotok, es dawet, hingga sego iriban.

"Ini saya menerima kunjungan dari Pak Wali Kota Pariaman ada camat, kades untuk bicara soal desa wisata. Maka, saya ajak ke Desa Lerep ini," kata Ganjar.

Dalam kesempatan itu, Ganjar menjelaskan kunci keberhasilannya dalam memgembangkan desa wisata di Jawa Tengah. Termasuk satu di antaranya Desa Lerep.

"Desa Wisata Lerep sudah teruji mulai dari daerah yang sangat kering, bantuan keuangan yang dipakai membangun embung dan dimanfaatkan untuk pertanian tapi juga pariwisatanya booming, beberapa kali menjadi juara," ujarnya.

Pertama, kata Ganjar, yang harus diperhatikan adalah desa punya potensi dan inisiatif untuk dikembangkan. Kedua, peran serta pemerintah kabupaten/kota dan provinsi dalam memberikan dukungan.

Wali Kota Pariaman Genius Umar banyak belajar soal mengelola dan mengembangkan desa wisata dari Ganjar Pranowo.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News