Mendag Zulkifli Hasan Bantu Petani Jual Tembaku Langsung ke Pabrik Rokok

Rabu, 02 Agustus 2023 – 15:17 WIB
Mendag Zulkifli Hasan Bantu Petani Jual Tembaku Langsung ke Pabrik Rokok - JPNN.com Jateng
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan didampingi Deputy Director Processing and RND PT Djarum Sutanto Adidarma dan jajaran saat pertemuan dengan petani tembakau dari Kabupaten Temanggung dan Wonosobo di aula pertemuan Djarum Oasis Kudus, Rabu (2/8/2023). (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

jateng.jpnn.com, KUDUS - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan kembali memfasilitasi petani untuk bisa memasok tembakau langsung ke pabrik rokok dengan harapan laku dengan harga lebih tinggi.

Kali ini, giliran petani dari Temanggung dan Wonosobo yang diajak bertemu dengan PT Djarum supaya apa yang diharapkan bisa disampaikan dengan jelas agar ada solusi serta jalan keluarnya.

"Setahun yang lalu kami kedatangan petani tembakau dari Madura, sedangkan tahun ini kedatangan petani tembakau dari Temanggung dan Wonosobo," kata ditemui di sela-sela pertemuan dengan petani tembakau di aula pertemuan di Kudus, Jawa Tengah, Rabu (2/8).

Dia mengatakan petani tembakau asal Madura, kini menjadi anak angkat perusahaan rokok tersebut dalam hal penjualan tembakaunya.

Menurutnya, petani setempat sudah mendapatkan keuntungan setelah sebelumnya juga difasilitasi bertemu dengan perusahaan rokok tersebut.

Pada saat mendatangi kantor Kemendag RI di Jakarta, kata dia, petani tembakau asal Madura mengakui mengalami kerugian karena harga jual tembakaunya sangat rendah, tetapi setelah dipertemukan dengan perusahaan rokok mereka mendapatkan keuntungan.

"Perusahaan rokok membeli tembakau tentunya tergantung dari kualitasnya. Agar harga jualnya juga bagus maka petani tembakau dari Temanggung dan Wonosobo perlu meningkatkan kualitas tembakaunya," ujarnya.

Menurut dia untuk meningkatkan kualitas tanaman tembakau para petani tentu perlu waktu, sedangkan nantinya ada tim teknis yang akan membina dan berkomunikasi dengan petani tembakau di Temanggung dan Wonosobo.

Mendag Zulkifli Hasan membantu petani untuk bisa menjual tembakau langsung ke pabrik rokok supaya mendapatkan harga yang lebih baik.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News