Program Makan Bergizi Gratis, Zulhas Bilang Pemerintah Sediakan Rp 71 T

Jumat, 26 Juli 2024 – 14:31 WIB
Program Makan Bergizi Gratis, Zulhas Bilang Pemerintah Sediakan Rp 71 T - JPNN.com Jateng
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau Zulhas menyebut pemerintah telah menyiapkan Rp 71 triliun untuk program makan siang gratis.

Zulhas menyatakan dana triliunan itu bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara atau APBN yang akan digelontorkan pada 2025.

"Pada 2025 ada Rp 71 T dari APBN," kata Zulhas seusai sosialisasi kebijakan bangga dengan buatan Indonesia di SMA Negeri 3 Semarang, Jumat (26/7).

Nantinya, rengrengan anggaran tersebut akan diserahkan kepada ahli gizi untuk membedah nilai yang diterapkan pada tiap daerah. Pasalnya, nilai per porsi menurutnya, tidak sama.

"Nanti dilihat itu bisa satu kali makan siang gratis berapa, nanti dihitung oleh ahli gizi, tiap daerah beda-beda mungkin ya," katanya.

Selanjutnya, para ahli gizi melakukan optimalisasi untuk menentukan nilai porsi di tiap daerah se-Indonesia.

Menurutnya, program makan siang bergizi gratis besutan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka itu akan dimulai tahun depan.

"Belum ada (keputusan, red) nanti Rp 15 ribu atau berapa nanti dihitung, ini kami sosialisasi akan kasih masukan," ujarnya.

Zulhas bilang pemerintah telah menyiapkan Rp 71 T untuk program makan bergizi gratis.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia