Ganjar Cerita Modus Korupsi yang Dikaitkan dengan Dirinya, APIP Harus Aktif

Senin, 07 Agustus 2023 – 14:21 WIB
Ganjar Cerita Modus Korupsi yang Dikaitkan dengan Dirinya, APIP Harus Aktif - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyinggung peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) melawan praktik-praktik korupsi. Menurutnya, APIP harus menjadi garda pertama dalam penindakan dan pencegahan korupsi.

"Harapan kami nantinya semua penanganan tindak pidana korupsi itu APIP-nya dulu, bekerja dulu," katanya dalam pelatihan bersama penanganan perkara Tipikor wilayah Jateng-DIY di Hotel Arrus Semarang, Senin (7/8).

"Tadi saya sampaikan bahwa APIP tidak hanya sekadar menangani, tetapi ini menurut saya memang harus profesional," kata Ganjar menambahkan.

Gubernur Jateng dua periode itu membeberkan banyak contoh modus korupsi yang umum terjadi di birokrasi dan pemerintahan.

Termasuk ada beberapa modus korupsi yang pernah disangkut-pautkan dengan dirinya. Misalnya modus mengaku tim sukses hingga setoran kepada pimpinan.

"Tanpa harus sampai ke penegakan hukum ini, APIP-nya sudah menginisiasi dan tahap pertama yang penting bagaimana mencegah," ujarnya.

Menurutnya, pimpinan memegang peran kunci untuk memberikan contoh sehingga potensi tindak pidana korupsi dapat ditekan. Hal itulah yang dia terapkan selama sepuluh tahun memimpin Jawa Tengah.

"Kemudian sistemnya diperbaiki. Maka kalau itu semua sudah dilakukan dengan baik, tetapi tidak dilaksanakan, inspektorat turun," ujarnya.

Ganjar Pranowo menceritakan soal modus korupsi yang pernah disangkut-pautkan dengan dirinya. Apa saja?
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News