Viral, Maba UIN Solo Disuruh Daftar Pinjol di PBAK, Rektor Kecolongan, Alamak

Senin, 07 Agustus 2023 – 15:02 WIB
Viral, Maba UIN Solo Disuruh Daftar Pinjol di PBAK, Rektor Kecolongan, Alamak - JPNN.com Jateng
Tangkapan layar klarifikasi Rektor UIN Raden Mas Said Surakarta terkait polemik kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2023 di Sukoharjo, Senin (7/8/2023). Foto: Akun resmi UIN Solo di Instagram

jateng.jpnn.com, SOLO - Rektor UIN Raden Mas Said Surakarta Prof. Mudhofir buka suara terkait berita viral mahasiswa baru (maba) yang diminta mendaftar pinjaman online atau daring saat kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2023.

"Ini perlu diluruskan ya, kampus tidak tahu-menahu. Ini kegiatan mahasiswa yang tidak dilaporkan," katanya di Solo, Senin (7/8).

Dia mengatakan akan mempelajari terlebih dahulu terkait kegiatan tersebut dan jika ditemukan ada pelanggaran maka akan ada tindakan lebih tegas.

Meski demikian, pihaknya belum mau menjelaskan terkait sanksi yang akan diberikan kepada pihak-pihak yang diketahui melakukan pelanggaran.

"Nanti akan ada Dewan Kode Etik, termasuk terkait mencari sponsorship itu," ujarnya.

Sebelumnya, UIN Solo menjadi sorotan seusai Dewan Mahasiswa (Dema) menggandeng aplikasi dan diduga meminta mahasiswa baru mendaftar marketplace serta pinjaman online (pinjol) sebagai sponsor di kegiatan PBAK 2023.

Kabar tersebut mencuat melalui video di Tiktok dengan akun @panjiparya. Pada videonya dijelaskan para mahasiswa baru diminta untuk registrasi di aplikasi pinjol yang digandeng Dema UIN Raden Mas Said sebagai sponsorship tersebut, salah satunya Akulaku.

Terkait hal itu, Mudhofir mengatakan seharusnya tidak boleh ada paksaan ke mahasiswa terkait kewajiban registrasi tersebut.

"Mestinya tidak ada paksaan, tetapi ini mahasiswa bertindak sendiri. Makanya akan kami selidiki apakah ada yang dirugikan. Nanti Dewan Kode Etik yang akan menegakkan," tuturnya.(antara/jpnn)

Video viral memperlihatkan maba UIN Solo yang diperintah untuk mendaftar pinjol saat gelaran PBAK. Rektor mengaku kecolongan.

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News