Jateng Tapera Expo 2023, Mulai DP 0 Persen sampai Rp 1,7 Juta Dapat Rumah

Sabtu, 12 Agustus 2023 – 18:20 WIB
Jateng Tapera Expo 2023, Mulai DP 0 Persen sampai Rp 1,7 Juta Dapat Rumah - JPNN.com Jateng
Pameran rumah subsidi bertajuk Jateng Tapera Expo 2023 yang digelar selama 10-21 Agustus mendatang di Mal Ciputra Semarang, Jawa Tengah. FOTO: Wisnu Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) terus berupaya mengatasi kesulitan masyarakat dalam memiliki hunian.

Termasuk halnya melalui pameran rumah subsidi bertajuk Jateng Tapera Expo 2023 yang digelar selama 10-21 Agustus 2023 di Mal Ciputra Semarang, Jawa Tengah.

Ketua Forum Komunikasi Developer Jawa Tengah Andi Kurniawan menyebut pameran digelar untuk merespon masalah-masalah masyarakat yang ingin memiliki tempat tinggal terjangkau, tetapi berkualitas.

Andi mengungkapkan backlog perumahan di Jawa Tengah menyentuh angka 16 ribu dari keseluruhan nasional sebanyak 12,1 juta. Dari angka tersebut, tiap tahunnya terus bertambah 700 ribu sampai 800 ribu unit.

"Ada beberapa hal yang menyebabkan backlog. Susahnya mencari tanah yang representatif, dan daya beli yang turun setelah pandemi Covid-19," kata Andi, Sabtu (12/8).

Dari persoalan tersebut, kemudian muncul gagasan menghelat pameran hunian bersubsidi ini. Selain sebagai upaya mempercepat masyarakat memiliki hunian, juga solusi mendorong pengembang perumahan memasarkan produknya.

Meski demikian, pihaknya juga masih melakukan kajian terkait keseimbangan jumlah developer rumah subsidi di Jawa Tengah. Pasalnya, penyebarannya berpengaruh dengan jumlah backlog yang kian bertambah tiap tahunnya.

"Harapannya melalui acara ini bisa mencari sinergi dan solusi khususnya di Jawa Tengah. Mudah-mudahan Pemprov Jateng bisa mengkoordinasi di tingkat kabupaten/ kota supaya oversuplai seperti di Kendal tidak terjadi lagi," tutur Andi.

Pemprov Jateng menggelar pameran rumah bertajuk Jateng Tapera Expo 2023 yang digelar selama 10-21 Agustus 2023 di Mal Ciputra Semarang, Jawa Tengah.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News