Gagasan Ganjar Soal Ekonomi Disambut Tepuk Riuh Ratusan Akademisi

Rabu, 23 Agustus 2023 – 05:00 WIB
Gagasan Ganjar Soal Ekonomi Disambut Tepuk Riuh Ratusan Akademisi - JPNN.com Jateng
Bakal calon presiden 2024 Ganjar Pranowo memaparkan gagasannya untuk memajukan perekonomian Indonesia di Pendopo Hotel Ambarukmo Yogyakarta, Selasa (22/8). Foto: Tim Media Ganjar

jateng.jpnn.com, YOGYAKARTA - Bakal calon presiden 2024 Ganjar Pranowo memaparkan gagasannya untuk memajukan perekonomian Indonesia.

Ganjar menyampaikan gagasannya itu di hadapan ratusan akademisi, profesor dan doktor, dari sejumlah perguruan tinggi ternama di Pendopo Hotel Ambarukmo Yogyakarta, Selasa (22/8).

Gubernur Jateng dua periode itu secara khusus diundang dalam acara temu kebangsaan bertajuk "Merawat Keberagaman Indonesia; Membentuk Pemimpin Nasional yang Bernyali Tanpa Membenci". Hadir juga Presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Ganjar menegaskan bahwa Indonesia akan menjadi negara maju seperti prediksi banyak orang dengan catatan semua elemen masyarakat bisa bersatu.

"Kuncinya, kita harus bersatu, berkomitmen bersama untuk membangun Indonesia tanpa membedakan apa pun. Pancasila jadi pegangan kita," kata Ganjar disambut tepuk tangan ratusan akademisi.

Menurutnya, selama 10 tahun terakhir Indonesia sudah menunjukkan kemajuan luar biasa. Beberapa faktor sebagai negara maju sudah terlihat.

Dia memaparkan bahwa Indonesia tambah makmur dengan melihat rasio elektrifikasi rumah tangga yang telah naik dari 76,0 persen di tahun 2012 menjadi 99,0 persen pada 2022. Indonesia juga makin sehat dengan cakupan jaminan sosial mencapai 87,0 persen pada 2021.

"Masyarakat Indonesia juga lebih pintar dengan tingkat kelulusan SMA yang semula 57,4 persen pada 2016 menjadi 66,1 persen di 2022. Sementara PDB per kapita kita naik dari 33,0 di 2012 menjadi 71,0 di 2022," katanya.

Gagasan Ganjar Pranowo untuk memajukan perekomian Indonesia dipaparkan secara gamblang. Ratusan akademisi sambut dengan tepuk riuh.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News