Elektabilitas Tertinggi, Ganjar Bijak Sikapi Survei Litbang Kompas

Selasa, 22 Agustus 2023 – 12:14 WIB
Elektabilitas Tertinggi, Ganjar Bijak Sikapi Survei Litbang Kompas - JPNN.com Jateng
Bacapres PDIP Ganjar Pranowo. Foto: Tim Media Ganjar

jateng.jpnn.com, YOGYAKARTA - Elektabilitas Ganjar Pranowo kembali menguat dalam hasil survei terbaru capres 2024 oleh Litbang Kompas. Gubernur Jateng dua periode itu berhasil mengungguli dua kandidat bacapres lainnya.

Menurut survei Litbang Kompas, elektabilitas Ganjar berada di angka 24,9 persen, sementara Prabowo Subianto dan Anies Baswedan di urutan kedua dan ketiga dengan elektabilitas masing-masing 24,6 persen dan 12,7 persen.

Saat dikonfirmasi, Ganjar menjawab santai terkait hasil survei terbaru itu. Menurutnya, survei merupakan jajak pendapat dan belum merupakan hasil final.

"Surveinya, kan, belum final, kepercayaan masyarakat harus disikapi dengan baik," kata Ganjar seusai memberikan pembekalan bagi calon wisudawan UGM di Graha Saba UGM, Yogyakarta, Selasa (22/8).

Ganjar mengatakan, saat ini yang terpenting adalah mewujudkan kondusivitas jelang pemilu 2024. Dia meminta semua masyarakat menghindari hal-hal yang menyebabkan terjadinya perpecahan.

"Yang penting kita hindari sesuatu yang saling mengolok-olok dan saling menjelekkan. Biar pemilunya menyenangkan," ujarnya.

Seperti diketahui, elektabilitas Ganjar Pranowo mengalami pasang surut, khususnya seusai kontroversi batalnya penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Tingkat elektabilitas Ganjar sempat drop dan kalah dari Prabowo Subianto.

Namun saat ini, tingkat kepercayaan publik kepada Ganjar kembali meningkat. Pada survei terakhir yang digelar Litbang Kompas periode Agustus 2023, elektabilitas Ganjar menjadi yang tertinggi dan naik dari survei sebelumnya.

Ganjar Pranowo sikapi hasil survei Litbang Kompas dengan bijak. Elektabilitas Ganjar sendiri paling tinggi dibanding bacapres lainnya.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News