Ada 59 Kebakaran di Semarang pada Sepetember, 47 Kejadian di Petak Ilalang

Jumat, 15 September 2023 – 13:20 WIB
Ada 59 Kebakaran di Semarang pada Sepetember, 47 Kejadian di Petak Ilalang - JPNN.com Jateng
Ilustrasi - Pemadaman kebakaran oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang di lahan kosong yang ditumbuhi ilalang. (ANTARA/HO-Dok Damkar Kota Semarang)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang mencatat setidaknya sudah ada 47 petak ilalang atau lahan kosong terbakar pada September 2023 yang baru berjalan setengah bulan.

"Data yang ada, (kebakaran) September cukup besar. Di September ini sudah ada 59 kejadian kebakaran, dan 47 kebakaran di antaranya adalah ilalang," kata Kepala Dinas Damkar Kota Semarang Nurkholis, Jumat (15/9).

Diakuinya, kasus kebakaran mulai marak terjadi pada periode pada Juli, Agustus, September seiring dengan musim kemarau panjang dampak dari El Nino, terutama kebakaran lahan kosong yang ditumbuhi ilalang.

Menurut dia, lahan-lahan yang belum termanfaatkan sehingga ditumbuhi ilalang dan rumput liar yang kering saat musim kemarau ini memang rawan terjadi kebakaran.

"Bisa dikatakan (kebakaran) rerumputan dan ilalang kering hampir 80 persen. Ini mulai Juli, Agustus, dan September ini," katanya.

Untuk wilayah rawan kebakaran, kata dia, dari kasus yang terjadi cenderung menyebar, seperti Semarang Barat, Tugu, Genuk, dan Tembalang yang paling banyak.

"Kalau dari Damkar, kami terus berupaya antisipasi. Namun, di satu sisi memang perlu ada peran serta masyarakat, seperti menaati imbauan jangan sampai membakar sampah," katanya.

Selain itu, Nurkholis mengimbau kepada masyarakat untuk menggalakkan kerja bakti membersihkan lahan-lahan kosong yang ditumbuhi ilalang atau rumput kering untuk mencegah kebakaran.

Kebakaran di Semarang cukup besar pada Sepetember 2023. Totalnya sampai 59 kejadian, terbanyak di petak ilalang.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News