Kemarau Ekstrem, 5 TPA di Jawa Tengah Kebakaran, BPBD Beri Imbauan

Selasa, 19 September 2023 – 20:00 WIB
Kemarau Ekstrem, 5 TPA di Jawa Tengah Kebakaran, BPBD Beri Imbauan - JPNN.com Jateng
Kebakaran di TPA Putri Cempo Solo. FOTO: Romensy Augustino/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SOLO - Sejumlah tempat pembuangan akhir (TPA) di Jawa Tengah (Jateng) mengalami kebakaran selama musim kemarau. BPBD Jateng pun mengimbau agar dinas terkait melakukan pembasahan pada tumpukan sampah.

Imbauan itu diungkapkan Kepala Pelaksana Harian (Kalahar) BPBD Jateng Bergas Catursasi Penanggungan saat meninjau proses pemadaman di TPA Putri Cempo Solo pada Selasa (19/09) siang.

Kebakaran itu setidaknya terjadi di 5 TPA di Jateng, di antaranya TPA Pesalakan di Kabupaten Pemalang pada 1 September 2023, TPA Penujah Kabupaten Tegal pada 2 September 2023, TPA Muarareja Kota Tegal pada 2 September 2023, TPA Putri Cempo Solo pada 16 September 2023 dan TPA Jatibarang Semarang 18 September 2023 .

"Kami mengimbau melalui BPBD kota atau kabupaten dan DLH-nya yang mengurusi ini untuk terus dilakukan pembasahan sampah agar tidak terjadi kebakaran seperti ini," ujar Bergas saat diwawancarai wartawan.

Kemarau ekstrem yang terjadi di Jateng dalam kurun waktu sebulan terakhir ditengarai menjadi faktor utama penyebab terjadinya kebakaran di lokasi akhir pembuangan sampah itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surakarta Kristiana Hariyanti mengungkapkan bahwa pihaknya sepakat jika kebakaran yang terjadi di sejumlah wilayah di Jateng diakibatkan fenomena cuaca ekstrem.

"Cuaca yang ekstrem sekali itu bisa menjadi salah satu penyebab kebakaran. Mungkin kalau Solo saja, saya mengkajinya beda. Karena hampir semua," tuturnya. (mcr21/jpnn)

BPBD Jawa Tengah memberikan imbauan untuk melakukan pembasahan sampah di TPA. Hal tersebut dilakukan agar mencegah kebakaran.

Redaktur : Danang Diska Atmaja
Reporter : Romensy Augustino

Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News