Aktivitas Vulkanik Gunung Slamet Level II, Masyarakat Jangan Panik

Kamis, 02 November 2023 – 15:43 WIB
Aktivitas Vulkanik Gunung Slamet Level II, Masyarakat Jangan Panik - JPNN.com Jateng
Arsip foto - Puncak Gunung Slamet terlihat dari arah Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Sabtu (13/5/2017). ANTARA/Sumarwoto

jateng.jpnn.com, BANYUMAS - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Slamet, Jawa Tengah, untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh hoaks yang berkaitan dengan aktivitas vulkanik gunung terbesar di Pulau Jawa itu.

"Hingga saat ini, tingkat aktivitas vulkanik Gunung Slamet masih Level II atau Waspada," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Slamet PVMBG Muhammad Rusdi, Kamis (2/11).

Menurut dia, aktivitas vulkanik Gunung Slamet yang berada di Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Pemalang, Tegal, dan Brebes hingga saat ini masih fluktuatif.

Dia mengatakan berdasarkan pengamatan visual yang dilakukan dari Pos PGA Slamet di Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Pemalang, pada Rabu (1/11), pukul 00.00 WIB-24.00 WIB, gunung terlihat jelas hingga kabut 0-I.

"Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 100-200 meter di atas puncak kawah," katanya.

Sementara dari sisi kegempaan, kata dia, tremor menerus atau microtremor terekam dengan amplitudo 0,5-5 milimeter, dominan 1,5 milimeter.

Dia mengatakan tremor menerus menunjukkan aktivitas vulkanik Gunung Slamet.

"Hingga saat ini, PVMBG masih merekomendasikan kepada masyarakat dan wisatawan untuk tidak berada atau beraktivitas dalam radius dua kilometer dari kawah puncak Gunung Slamet," katanya.

Aktivitas Gunung Slamet, Jawa Tengah berstatus level II atau wapada, PVMBG minta masyarakat tidak panik.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News