Ekonomi Jateng Triwulan III 2023 di Atas Nasional, DKI Jakarta-Jatim, Lewat!

Rabu, 08 November 2023 – 21:43 WIB
Ekonomi Jateng Triwulan III 2023 di Atas Nasional, DKI Jakarta-Jatim, Lewat! - JPNN.com Jateng
Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana di Semarang, Rabu (8/11). Foto: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menyebut pertumbuhan ekonomi di provinsi ini, secara komulatif pada triwulan III 2023 mencapai 5,07 persen.

Nana mengatakan pertumbuhan ekonomi Jateng lebih tinggi dari rata-rata nasional yang hanya di angka 5,05 persen.

Menurutnya, capaian ini masih berpotensi meningkat hingga akhir 2023.

"Alhamdulillah, ini di atas rata-rata nasional. Tentu ini satu hal yang sangat positif untuk pertumbuhan ekonomi Jateng," katanya, Rabu (8/11)

Dia mengatakan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi Jateng menunjukkan statistik tertinggi dibandingkan dengan provinsi besar di Pulau Jawa, atau tertinggi kedua.

Tercatat pertumbuhan ekonomi c-to-c triwulan III Provinsi DKI Jakarta yaitu 5,00 persen, Jawa Barat 4,94 persen, dan Jawa Timur 5,02 persen.

Dua provinsi lain yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat pertumbuhan ekonomi c-to-c sebesar 5,14 persen dan Banten pada angka 4,80 persen.

Sumber pertumbuhan tertinggi pada triwulan III ini ada pada sektor industri pengolahan yaitu 1,43 persen, lalu  diikuti sektor perdagangan 0,86 persen, konstruksi 0,47 persen, transportasi 0,29 persen, dan pertanian 0,27 persen.

Pertumbuhan ekonomi Jateng triwulan III 2023 mencapai 2,07 persen atau di atas rata-rata nasional. Capaian ini lebih tinggi dari pada DKI Jakarta-Jatim.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News