Gandeng Baznas & Swasta, Jurus Nana Sudjana Atasi Kemiskinan Ekstrem di Jateng

Kamis, 19 Oktober 2023 – 20:20 WIB
Gandeng Baznas & Swasta, Jurus Nana Sudjana Atasi Kemiskinan Ekstrem di Jateng - JPNN.com Jateng
Penjabat (Pj) Gubernur Jateng Komjen (Purn) Nana Sudjana. Foto: Humas Pemprov Jateng

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Nana Sudjana menyatakan upaya mempercepat penanggulangan kemiskinan ekstrem tidak bisa dilakukan oleh pemerintah sendirian.

Oleh karena itu,  Pemprov Jateng menggandeng Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas dan perusahaan swasta, PT Astra Internasional, dalam upaya mengatasi kemiskinan ekstrem di wilayahnya.

Upaya pelibatan Baznas dan pihak swasta dalam pengentasan kemiskinan itu diwujudkan melalui enandatanganan kesepakatan bersama di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Kamis (19/10). Kesepakatan tersebut akan berlangsung selama tiga tahun terhitung sejak tanggal penandatanganan.

“Peran Baznas Jawa Tengah dan PT Astra Internasional sejauh ini dinilai cukup efektif untuk membantu percepatan itu,” kata Nana.

Adapun ruang lingkup dalam kesepakatan bersama dengan BAZNAS dan PT Astra Internasional mencakup peningkatan kualitas rumah tidak layak huni (RTLH), pembangunan jamban sehat, penyediaan modal usaha, dan bidang lain yang berkaitan dengan percepatan penanggulangan kebakaran ekstrem.

Bentuk bantuan yang diberikan oleh Baznas Jateng pada 2023 berupa 255 unit RTLH, 500 unit jamban, dan 1.664 modal usaha.

Untuk rencana pada 2024 dan 2025, setiap tahun akan ada bantuan berupa 750 peningkatan RTLH, 750 unit jamban, dan air bersih 1.700 unit dari Baznas Jateng.

Adapun bantuan dari PT Astra Internasional pada 2023 berupa 100 unit RTLH, 32 unit jamban komunal, dan 32 unit titik sumber air bersih.

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana menyatakan upaya mempercepat penanggulangan kemiskinan ekstrem di wilayahnya tidak bisa dilakukan oleh pemerintah sendirian.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News