Gibran Lantik Budi Murtono Jadi Sekda Surakarta

Jumat, 01 Desember 2023 – 11:42 WIB
Gibran Lantik Budi Murtono Jadi Sekda Surakarta - JPNN.com Jateng
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka (kiri) saat melantik Budi Murtono (kanan) sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Surakarta, Jumat (1/12/2023). Foto: Romensy Augustino/JPNN

jateng.jpnn.com, SOLO - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka melantik Budi Murtono sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Surakarta, di Pendhopo Ageng Balai Kota Solo, Jumat (1/12) pagi. Dia pun memberikan sejumlah tuntutan untuk Budi.

Budi yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Solo terpilih setelah melewati serangkaian seleksi.

Dia dalam tahapan terakhir bersaing dengan dua nama lain, yakni Sekretaris DPRD (Sekwan) Solo Kinkin Sultanul Hakim, dan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Surakarta Tulus Widajat.

"Hasil dari panitia penyelenggara (Panpel), hasil dari debat sekda ketiganya baik semua. Nilai-nilainya juga hanya terpaut sekian persen lah," ujar Gibran saat diwawancarai usai pelantikan.

Gibran menjelaskan Budi Murtono wajib melanjutkan program yang sudah ada dari sekda sebelumnya yakni Ahyani.

Selain itu, Budi juga diminta untuk bisa mempertahankan penghargaan-penghargaan yang sudah didapat Pemkot Surakarta dan berkomitmen menyelesaikan 17 program prioritas.

"Tidak ada wejangan khusus. Inovasi pasti terutama digitalisasi di lingkup birokrasi Pemkot Surakarta. Kan, dulu saya bilang harus paperless," katanya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Budi berharap dukungan dari seluruh kepala dinas dan stakeholder terkait. Dia kemudian mengajak seluruh stakeholder untuk bekerjasama melakukan penataan birokrasi.

Gibran Rakabuming Raka melantik Budi Murtono sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Surakarta.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News