Kontroversi Gol Kedua Irak, Timnas Indonesia Layangkan Protes kepada AFC

Selasa, 16 Januari 2024 – 13:13 WIB
Kontroversi Gol Kedua Irak, Timnas Indonesia Layangkan Protes kepada AFC - JPNN.com Jateng
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong memberi instruksi kepada pemain asuhannya saat laga melawan Irak pada penyisihan grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmad bin Ali Doha, Qatar, Senin (15/1/2024). ANTARA FOTO/Yusran Uccang/nz

jateng.jpnn.com, QATAR - Timnas Indonesia mengalami kekalahan dari Irak dengan skor 1-3 dalam laga pertama Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Qatar, Senin (15/1).

Namun, dari ketiga gol Irak, ada satu gol yang menjadi kontroversi. Yakni ketika gelandang Osama Rashid menjebol gawang Skuad Garuda pada menit ke-47+7.

Gol tersebut dinilai tidak sah karena Rashid dalam posisi offside.

Manajer timnas Indonesia E ndri Erawan mengaku sangat kecewa dengan keputusan wasit Tantashev Ilgiz yang tidak membatalkan gol dari Osama Rashid meski sudah menggunakan peninjauan dari rekaman VAR.

Dia pun melayangkan protes kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) terkait dengan keputusan wasit itu

"Setelah pertandingan, kami resmi protes keras kepada AFC terkait disahkannya gol kedua Irak. Kami sudah resmi melayangkan formulir protes dan diserahkan langsung ke match commissioner seusai pertandingan," tutur Endri.

Meski surat protes tersebut tidak bisa mengubah hasil pertandingan, tetapi dengan adanya sikap tegas dari timnas tersebut diharapkan perangkat pertandingan selanjutnya bisa lebih tegas dan cermat dalam membuat keputusan.

"Setidaknya untuk pertandingan-pertandingan selanjutnya perangkat pertandingan bisa lebih baik lagi dalam mengambil keputusan," ujarnya menambahkan.

Timnas Indonesia melayangkan protes kepada AFC terkait gol kedua Irak yang dinilai kontroversi. Pasalnya sang pencetak gol dalam posisi offside.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News