Penerapan VAR di Liga 1 Indonesia Masih dalam Tahap Asesmen FIFA

Kamis, 07 Maret 2024 – 18:58 WIB
Penerapan VAR di Liga 1 Indonesia Masih dalam Tahap Asesmen FIFA - JPNN.com Jateng
VAR akan digunakan saat pertandingan Final EPA Liga 1 U-20 2023/2024 antara Persita Tangerang melawan Persis Solo di Stadion Manahan, Kamis (7/3). Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Penerapan Video Assistant Referee (VAR) di Liga 1 Indonesia masih dalam tahap asesmen atau penilaian FIFA. PSSI masih mengupayakan teknologi itu bisa diterapkan musim ini. 

Direktur Operasional PT LIB Asep Saputra mengungkapkan bahwa pihaknya masih akan melakukan serangkaian uji coba penerapan VAR di luar pertandingan kompetisi profesional. 

Salah satu laga yang menjadi ajang uji coba, yakni final EPA Liga 1 U-20 2023/2024 antara Persita Tangerang melawan Persis Solo di Stadion Manahan Solo, Kamis (7/4). 

"Ini salah satu uji coba kami dalam penerapan VAR," katanya saat konferensi pers di Stadion Manahan Solo, Kamis (7/4).

Seperti diketahui bahwa pada sejak Juni 2023, PSSI mendeklarasikan kesiapannya untuk menggunakan VAR pada kompetisi Liga 1 2023/2024. 

PSSI kala itu menargetkan persiapan mulai Juni 2023-Februari 2024. Namun, timeline tersebut harus molor karena terkendala masalah sumber daya manusia (SDM).

"Namun ketika kami lihat step yang dilalui maka diperkenankan untuk melakukan uji coba. Selian wasit, tentu alatnya, stadionnya, dan bagaimana kami mempraktikkan," jelas dia.

Namun demikian, Asep menegaskan bahwa VAR yang digunakan di pertandingan final EPA Liga 1 bukan official VAR untuk Liga 1. Melainkan, hanya sekadar trial.

Penerapan Video Assistant Referee (VAR) di Liga 1 Indonesia masih dalam tahap asesmen atau penilaian FIFA.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News