VAR Terpasang di Stadion Manahan Solo, Digunakan untuk Laga Final EPA Liga 1 U-20

Kamis, 07 Maret 2024 – 15:10 WIB
VAR Terpasang di Stadion Manahan Solo, Digunakan untuk Laga Final EPA Liga 1 U-20 - JPNN.com Jateng
VAR akan digunakan saat pertandingan Final EPA Liga 1 U-20 2023/2024 antara Persita Tangerang melawan Persis Solo di Stadion Manahan, Kamis (7/3). Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Video Assistant Referee (VAR) terpasang di Stadion Manahan Solo, Kamis (7/4). Perangkat elektronik pendukung wasit itu akan digunakan saat pertandingan Final EPA Liga 1 U-20 2023/2024 antara Persita Tangerang melawan Persis Solo, sore ini.

Projek Manager Tekhnologi PSSI M Syafiq Bahanan mengungkapkan bahwa seluruh perangkat VAR dan operator yang dioperasikan dalam pertandingan itu merupakan standar yang akan digunakan di Liga 1. Total ada 8 kamera pengawas yang digunakan.

"Karena ini statusnya techtest kamera harus sesuai dengan Liga 1, kami menggunakan delapan kamera. Mungkin ada tambahan dua untuk GoPro," jelas dia.

Menurut Syafiq, pihaknya tidak mengalami kendala teknis ketika memasang komponen VAR di Stadion Manahan.

Pasalnya, stadion terbesar di Kota Solo itu sebelumnya pernah dipasangi VAR saat Piala Dunia U-17.

"Layout yang kami pakai mirip dengan Piala Dunia U-17, jadi Insyaallah tidak akan ada kendala," papar dia.

Teknologi VAR nantinya akan dioperasikan oleh 3 orang dengan perincian 1 wasit VAR, 1 asisten wasit VAR dan 1 replay operator.

Sehingga jumlah wasit jika ditambah dengan wasit di lapangan total menjadi 7 orang.

VAR akan digunakan saat pertandingan Final EPA Liga 1 U-20 2023/2024 antara Persita Tangerang melawan Persis Solo di Stadion Manahan Solo.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News