Sejarah Tercipta, Indonesia Melaju ke Putaran Ketiga, Tembus Piala Asia 2027

Rabu, 12 Juni 2024 – 05:24 WIB
Sejarah Tercipta, Indonesia Melaju ke Putaran Ketiga, Tembus Piala Asia 2027 - JPNN.com Jateng
Timnas Indonesia mengukir sejarah dengan berhasil tembus ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 dan tembus ke Piala Asia 2027. Foto: pssi.org

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Filipina dengan skor 2-0 dalam laga terakhir putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Selasa (11/6).

Kemenangan itu tentunya membuat timnas Indonesia mengukir sejarah dengan melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia untuk pertama kalinya.

Sebanyak dua gol Indonesia yang dicetak Thom Haye (31') dan Rizky Ridho (55') cukup membawa Garuda menempati posisi kedua klasemen akhir Grup F dengan 10 poin untuk lolos ke putaran ketiga sekaligus otomatis lulus ke Piala Asia 2027.

Garuda Nusantara menemani pemuncak klasemen Irak yang sudah melaju terlebih dahulu.

Jumlah poin ini sudah tak mampu dikejar Vietnam yang kini di posisi ketiga dengan enam poin.

Indonesia belum pernah melaju ke babak ketiga dengan laju terbaik sebelumnya terjadi pada kualifikasi Piala Dunia 1986, yaitu melaju ke putaran kedua.

Di putaran ketiga, Indonesia akan bersaing dengan 17 negara lainnya termasuk Jepang, Qatar, Korea Selatan, hingga Australia, untuk memperebutkan enam tempat lolos otomatis ke Piala Dunia 2026 yang dimainkan pertama kalinya di tiga negara, yaitu di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Sebanyak 18 tim di putaran ketiga akan dibagi tiga grup yang diisi enam tim dengan dua tim teratas dari setiap grup otomatis lolos ke Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia mengukir sejarah dengan berhasil tembus ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 dan tembus ke Piala Asia 2027.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News