Shin Tae-yong Terkejut dengan Strategi Cina

Rabu, 16 Oktober 2024 – 11:05 WIB
Shin Tae-yong Terkejut dengan Strategi Cina - JPNN.com Jateng
Dua pemain Cina dan dua pilar Timnas Indonesia berebut bola. Foto: Li Ziheng/Xinhua

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengaku terkejut dengan strategi tak terduga yang diterapkan oleh tim Tiongkok atau Cina dalam laga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Qingdao, Selasa (15/10).

Taktik tersebut berujung kekalahan tipis 1-2 bagi Indonesia, yang membuat langkah Garuda tertahan.

Dalam pertandingan itu, Tiongkok unggul lebih dulu lewat gol Behram Abduweli di menit ke-21 dan Zhang Yuning pada menit ke-44. Indonesia hanya mampu memperkecil ketertinggalan melalui gol telat Thom Haye di menit ke-86.

“Setelah kalah, saya tidak ingin mencari alasan. Namun, saya tidak menyangka Tiongkok akan menerapkan gaya bermain klasik, dengan bola-bola panjang dan strategi 'kick and rush'. Mungkin ini yang menjadi alasan kekalahan kami hari ini," ungkap Shin dalam sesi jumpa pers setelah pertandingan.

Meski demikian, pelatih asal Korea Selatan itu juga memuji permainan Tiongkok dan menegaskan bahwa Indonesia akan lebih siap menghadapi laga-laga mendatang.

“Saya menghargai taktik mereka. Kami akan melakukan persiapan yang lebih matang untuk pertandingan berikutnya,” tambahnya.

Di sisi lain, Shin tetap memberi apresiasi kepada anak asuhnya yang mampu memainkan sepak bola menyerang dan mendominasi penguasaan bola.

“Menurut saya, kami menguasai permainan hari ini. Penguasaan bola mungkin sekitar 70-30, bahkan di babak pertama mungkin mencapai 80 persen. Sayangnya, dominasi ini tidak berhasil kami konversi menjadi gol," katanya.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengaku terkejut dengan strategi tak terduga yang diterapkan oleh tim Tiongkok.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News