Wayang Rajamala Jadi Cenderamata untuk Kontingen APG XI 2022 di Solo

Sabtu, 16 Juli 2022 – 17:35 WIB
Wayang Rajamala Jadi Cenderamata untuk Kontingen APG XI 2022 di Solo - JPNN.com Jateng
Margono saat menunjukkan wayang Rajamala karyanya dari Bahan akrilik (kiri) dan kulit (kanan), Kamis (7/07/2022). Foto : Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Wayang Kulit Rajamala karya Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) Sanggar Wayang Gogon jadi cinderamata untuk para kontingen ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di Jawa Tengah.

Pemilik Sanggar Wayang Gogon Margono harus menyiapkan 2.600 wayang Rajamala setinggi 25 cm. Wayang tersebut nantinya akan di bagikan kepada 1.800 kontingen dari 11 negara Asean yang mengikuti ajang tersebut.

"Rencana tanggal 26 Juli 2022 harus sudah selesai semuanya," jelasnya saat diwawancarai wartawan, Minggu (16/7) siang.

Pihak Kementerian Pemuda, dan Olahraga (Kemenpora) sebelumnya meminta pria yang akrab disapa Gogon itu untuk membuat sampel Wayang Rajamala. Desain wayang tersebut berdasarkan rekomendasi dari Kemenpora.

Gogon menjelaskan ada sebanyak 15 sampel wayang Rajamala dari bahan kayu, akrilik, dan kulit yang dikirimnya ke pihak Kemenpora. 

"Setelah beberapa kali rapat pihak Kemenpora meminta sovenir wayang Rajamala. Jadi, bukan berbentuk seperti maskotnya," katanya.

Gogon pun mengaku tidak mengalami kesulitan untuk membuat wayang Rajamala. Namun, dia menyebutkan waktu yang mepet menjadi salah satu tantangan.

"Besar kecil sama saja, hanya masalah waktu saja. Kami dikejar waktu untuk menyelesaikan pekerjaan itu," tuturnya.

Berikut bentuk cenderamata untuk kontingen ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di Solo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News