Dorong Percepatan Pembangunan Tol Demak-Jepara, Syarifuddin Tanzil Siap Carikan Investor

Kamis, 08 Februari 2024 – 21:50 WIB
Dorong Percepatan Pembangunan Tol Demak-Jepara, Syarifuddin Tanzil Siap Carikan Investor - JPNN.com Jateng
Syarifuddin Tanzil Caleg PSI Dapil Jateng II (Jepara, Kudus, dan Demak). Foto: Dokumen untuk JPNN

jateng.jpnn.com, DEMAK - Pembangunan Tol Jepara-Demak telah masuk perencanaan pemerintah pusat. Namun sayangnya, pelaksanaan Pembangunan infrastruktur jalan itu masih menunggu waktu lama. Setidaknya masih pada 2030 mendatang. 

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor 16/SE/Db/2020 tentang Petunjuk Teknik Perencanaan jaringan Jalan Tol Direktorat Jenderal Bina Marga. Rencananya, pembangunan jalan bebas hambatan itu dilaksanakan pada periode 2030-2034, dengan panjang jalan 36,80 km.

Rencana pembangunan jalan tol mendapat sambutan positif dari sejumlah kalangan. Salah satunya dari Syarifuddin Tanzil. 

Caleg PSI Dapil Jateng II (Jepara, Kudus, dan Demak) itu menyampaikan pembangunan tol bakal memberikan manfaat bagi dua daerah. 

Menurutnya, Demak memegang peran penting sebagai daerah penghubung di sekitarnya sehingga Kota Wali makin mudah dituju. 

Secara ekonomi, kata dia, infrastruktur tersebut bakal membantu mengurangi lalu lalang kendaraan berat pengangkut produk ekspor maupun lokal. 

"Kendaraan berat dari Demak ke Jepara atau sebaliknya hanya terhubung jalan nasional. Jalan tersebut kerap padat dengan keberadaan truk-truk pengangkut barang industri. Dengan keberadaan jalan tol, bisa mengurai kepadatan di jalan raya Jepara. Durasi tempuh makin cepat," ujarnya, Kamis (8/2). 

Menurutnya, saat ini Jepara dan Demak telah berdiri beberapa pabrik. Daya dukung jalan tol bisa membuat perekonomian dari dua daerah tersebut makin kuat. 

Syarifuddin Tanzil siap mencarikan investor demi percepatan realisasi pembangunan Tol Demak-Jepara. 
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News