Survei Pilkada Jawa Tengah 2024 Versi Kanigoro Network, Elektabilitas Kapolda Jateng Tertinggi

Rabu, 08 Mei 2024 – 13:46 WIB
Survei Pilkada Jawa Tengah 2024 Versi Kanigoro Network, Elektabilitas Kapolda Jateng Tertinggi  - JPNN.com Jateng
Elekabilias Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Lutfhi tertinggi untuk Pilkada 2024 versi Kanigoro Network. Foto: Polda Jawa Tengah

jateng.jpnn.com, SOLO - Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Lutfhi menduduki peringkat pertama survei elektabilitas untuk Pilkada Jateng 2024 versi Kanigoro Network.

Pendiri Kanigoro Network Joko Kanigoro memaparkan faktor Kapolda memiliki hasil tertinggi dalam survei menuju Pilkada Jateng 2024.

Dalam simulasi survei yang dilakukan Kanigoro Network, Ahmad Luthfi menduduki posisi pertama dengan elektabilitas sebesar 25,1%, diikuti Hendrar Prihadi sebesar 23,8%, dan posisi ketiga Sudaryono sebesar 13,7%.

Selain tiga nama itu, nama lain yang masuk dalam survei tersebut ialah Taj Yasin Maimoen (9,4%), Dico M Ganinduto (7,2%), Yusuf Chudlori (5,6%), Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul (4,5%), sementara 10,7% lainnya menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

"Kemunculan Ahmad Luthfi merupakan jawaban dari keraguan publik terhadap kepemimpinan Jateng sebelumnya yang tidak memberikan perubahan signifikan. Sosok Luthfi adalah antitesa dari gubernur-gubernur sebelumnya," kata Joko saat ditemui di Solo, Rabu (8/5).

Faktor kedua, lanjut dia, dengan background sebagai Kapolda Jawa Tengah, Ahmad Luthfi dinilai sosok yang paling berkapasitas memimpin Jawa Tengah.

"Penguasaan masalah dan teriorial Jateng menjadi salah satu faktor kenapa elektabilitas Ahmad Luthfi paling tinggi di antara tokoh-tokoh lain," jelas dia.

Di sisi lain, Joko juga memaparkan simulasi sampel pasangan calon gubernur dan wakil gubernur berdasarkan prediksi pengelompokan partai pengusung yang menungkinkan adanya tiga pasangan calon.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Lutfhi menduduki peringkat pertama survei elektabilitas untuk Pilkada Jateng 2024 versi Kanigoro Network.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia