Jika Gusti Bhre Nekat Maju Pilkada Solo Akan Berdampak Negatif ke Keraton

Selasa, 09 Juli 2024 – 14:34 WIB
Jika Gusti Bhre Nekat Maju Pilkada Solo Akan Berdampak Negatif ke Keraton - JPNN.com Jateng
Gusti Bhre bertemu dengan wartawan di Solo, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu. ANTARA/Aris Wasita.

jateng.jpnn.com, SOLO - Sosiolog Universitas Sebelas Maret Solo (UNS) Rezza Akbar memperingati Mangkunegara X Bhre Tjakhrautomo atau Gusti Bhre jika nekat maju di Pilkada Surakarta 2024. Menurutnya akan ada efek domino yang berimbas ke Pura Mangkunegaran.

Seperti diketahui bahwa Jarcomm telah merilis hasil survei elektabilitas untuk Pilkada Solo. Hasilnya Gusti Bhre menempati ranking pertama dengan nilai elektabilitas 31,8 persen sebagai Wali Kota Surakarta.

Dia unggul dari Wakil Wali Kota Surakarta saat ini Teguh Prakosa dan Ketum PSSI Kaesang Pangarep. 

"Pada akhirnya kekisruhan internal akan sangat mungkin terjadi ketika masuknya politik eksternal ke dalam lingkungan keraton," jelasnya Selasa (9/7).

Kekisruhan yang akan terjadi lanjut Rezza Akbar tidak terlepas dari pengaruh penguasa, yakni Presiden Jokowi dan klan politiknya.

Menurutnya, Jokowi disinyalir memiliki hubungan baik dengan keluarga Pura Mangkunegaran dengan berbagai kegiatan-kegiatan event kelas internasional hingga resepsi Kaesang Pangarep-Erina Gudono pada 2022 lalu di istana kadipaten Mangkunegaran. 

Pengaruh itu dinilai Reza bisa berdampak negatif kepada Gusti Bhre.

"Mangkunegaran sadar betul apabila Gusti Bhre maju dalam pilwakot sebagai konstentan yang membawa bendera Pak Jokowi dan klan politiknya, kemungkinan akan jadi," ujarnya.

Sosiolog Universitas Sebelas Maret Solo (UNS) Rezza Akbar beri peringatan kepada Mangkunegara X Bhre Tjakhrautomo jika nekat maju di Pilkada Solo 2024.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia