Gusti Bhre Tak Jadi Maju Pilkada Solo 2024, KIM Plus Mengusung Siapa?

Rabu, 28 Agustus 2024 – 14:24 WIB
Gusti Bhre Tak Jadi Maju Pilkada Solo 2024, KIM Plus Mengusung Siapa? - JPNN.com Jateng
Gusti Bhre tak jadi maju sebagai bakal calon Wali Kota Surakarta. FOTO: ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SOLO - Koalisi Indonesia Maju (KIM) bersama beberapa partai tambahan atau lebih dikenal dengan KIM plus di Solo mengubah arah dukungan di hari kedua pendaftaran Pilkada 2024.

KIM plus sepakat dengan pasangan yang diajukan DPD Gerindra Jawa Tengah (Jateng), yakni Respati Ardi dan Astrid Widayani.

Sekretaris DPD II Golkar Solo Taufiqurrahman mengungkapkan bahwa perubahan arah dukungan itu terjadi karena calon wali kota yang akan diusung sebelumnya yakni Mangkunegara X Bhre Tjakhrautomo atau Gusti Bhre mendadak mundur.

"Selasa, kami kumpul partai-partai merundingkan bahwa Gusti Bhre mundur. Tadi malam kami masih optimistis, tetapi pagi sudah bulat (mundur)," ungkapnya saat diwawancarai, Rabu (28/8).

Gusti Bhre sebelumnya santer diberitakan akan menjadi sosok yang didukung KIM plus di Pilkada Solo 2024. Sejumlah partai anggita KIM plus pun telah merekomendasikan Gusti Bhre.

"Partai politik tadi malam begitu dihubungi sudah tidak ada pembicaraan yang lain. Kami terima dan hari ini kami laporkan pada pengurus rekom ke partainya masing-masing. Karena rekom yang ke Gusti Bhre sudah turun semua partai-partai itu," katanya.

Menurut Taufiq, alasan kuat Gusti Bhre mundur karena statusnya sebagai seorang Raja di Pura Mangkunegaran. Sehingga, Gusti Bhre perlu pertimbangan matang untuk maju di Pilkada 2024.

"Kalau itu alasannya pribadi atau keluarga. Secara detailnya tanya Gusti Bhre saja. Lebih tepatnya itu (restu keluarga). Pribadi dan menyangkut keluarga. Karena beliau seorang raja dan perlu pertimbangan yang sangat matang," kata dia.

Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Solo mengubah arah dukungan di hari kedua pendaftaran Pilkada
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News