Survei CPCS: Prabowo Kalahkan Ganjar dalam Simulasi Head to Head

Senin, 04 September 2023 – 14:10 WIB
Survei CPCS: Prabowo Kalahkan Ganjar dalam Simulasi Head to Head - JPNN.com Jateng
Hasil survei CPCS terkait simulasi Pilpreshead-to-head, Senin (17/4/2023). ANTARA/HO-CPCS

jateng.jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei Center for Political Communication Studies (CPCS) menunjukkan Elektabilitas bakal calon presiden (Bacapres) Prabowo Subianto unggul jauh dari Ganjar Pranowo dalam pemilihan presiden (Pilpres) head to head.

Dalam simulasi tersebut, elektabilitas Prabowo mencapai 51,8 persen, sedangkan Ganjar mencatatkan 34,5 persen dan 13,7 persen menyatakan tidak tahu/tidak menjawab.

"Prabowo unggul dalam simulasi head to head," kata peneliti senior CPCS Hatta Binhudi dalam keterangannya di Jakarta, Senin (4/9).

Menurut Hatta, jarak elektabilitas dalam skenario head to head antara Prabowo dan Ganjar menunjukkan keunggulan capres Partai Gerindra itu dalam menyerap basis pendukung Anies Baswedan.

"Dalam skenario hanya ada dua pasangan capres atau Anies tersisih pada putaran kedua, basis pemilih Anies condong mengalihkan suaranya kepada Prabowo," ujar Hatta.

Dia menilai pendukung Anies lebih mudah bermigrasi mendukung kubu Prabowo daripada beralih mendukung capres PDIP.

"Jika melihat sebaran wilayah dan karakteristik pemilih, basis Prabowo dan Anies hampir mirip dan cenderung beririsan," kata dia.

Sebagai catatan, Prabowo menjadi rival Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam dua kali pemilu, sedangkan Anies didukung Prabowo saat maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2017.

Dalam simulasi head to head Prabowo vs Ganjar Pranowo, capres Gerindra itu ungul jauh. Ini faktornya.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News